Hubungan Peran Pemuda Tani Indonesia dalam Pemberdayaan Petani dengan Taraf Hidup Petani

(Studi Kasus: Program on-farm Petani Mandiri di Desa Tahalak)

  • Indah Islami Ritonga Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor
  • Endriatmo Soetarto Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor
  • Martua Sihaloho Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor
Abstract views: 860 , PDF downloads: 531
Keywords: keragaan PTI, pemberdayaan, Pemuda Tani Indonesia, taraf hidup petani

Abstract

Pemuda Tani Indonesia (PTI) merupakan organisasi pertanian yang memiliki program pemberdayaan yaitu program on-farm petani mandiri di Desa Tahalak Ujung Gading Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keragaan organisasi PTI, menganalisis peran PTI dalam pemberdayaan petani, dan menganalisis hubungan peran Pemuda Tani Indonesia dalam pemberdayaan petani dengan taraf hidup petani. Metode penelitian yang digunakan adalah tipe exploratory sequential mixed methods dengan pendekatan kualitatif yang diikuti pendekatan kuantitatif. Pengambilan data menggunakan metode kuesioner, wawancara mendalam, FGD, dan studi literatur. Penentuan responden dan informan menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian, peran PTI dalam pemberdayaan petani mayoritas berada pada kategori sedang dan tinggi. Taraf hidup petani di Desa Tahalak Ujung Gading mayoritas berada pada kategori sedang. Adapun variabel peran PTI dalam pemberdayaan dengan taraf hidup petani memiliki hubungan yang moderat namun tidak signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[BPS] Badan Pusat Statistik. 2020. Luas Panen, Produksi, dan Produktivitas Padi menurut Provinsi 2018-2020. Jakarta: BPS.

[BPS] Badan Pusat Statistik. 2015. Indikator Kesejahteraan Rakyat 2015. Jakarta: BPS.

Departemen Kesehatan RI. 2009. Sistem Kesehatan Nasional. Jakarta.

Fargomeli F. 2014. Interaksi kelompok nelayan dalam meningkatkan taraf hidup di Desa Tewil Kecamatan Sangaji Kabupaten Maba Halmahera Timur. Acta Diurna Komunikasi. [diunduh pada 2021 Agu 17]; 3 (3). Tersedia pada: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article.

Kementan. 2018. Mentan: pemuda dimana saja harus produktif. [Diakses pada 2021 Jul 14]; https://www.pertanian.go.id/home/?show=news&act=view&id=2599.

Manullang M. 2011. Aktivitas organisasi. Jakarta: Usaha Nasional.

Pareek U. 1985. Mendayagunakan peran-peran keorganisasian. Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo.

Relamareta N. 2011. Hubungan antara peran kelembagaan kelompok tani dengan pengembangan usahatani anggota [Skripsi]. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Saputra AA, Ismaniar. 2019. Peran Pemuda sebagai agent of change dalam pemberdayaan masyarakat pada usaha pariwisata kuliner di Kampung Nelayan Ampangn Pulai Kabupaten Pesisir Selatan. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development. [diunduh pada 2021 Agu 12]; 1(4):835-842. Tersedia pada: https://jurnal.ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/137.

Soetarto E, Sihaloho M, Nurdinawati D, Sita R, dan Budiarto T. 2020. Petani muda sebagai pelanjut estafet pertanian di Indonesia. di dalam: Adiwibowo S, Soetarto E, Khomsan A, Hastuti D dan Puspitawati H, editor. Ekologi Manusia. Bogor: IPB Press.

Sururi A. 2015. Pemberdayaan masyarakat melalui program pembangunan infrastruktur perdesaan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kecamatan Wanasalam Kabupaten Lebak. Jurnal Administrasi Negara. [diakses 2021 Mar 19]; 3(2):1-25. Tersedia pada: https://ejurnal.lppmunsera.org/index.php/Sawala/article/view/229.

Syahyuti. 2005. Pembangunan pertanian dengan pendekatan komunitas: kasus rancangan program prima tani. Forum Penelitian Agro Ekonomi. [diakses 2021 Mar 24]; 23(2):102-115. Tersedia pada: http://ejurnal.litbang.pertanian.go.id/index.php/fae/article/view/4065.

Published
2022-08-01
How to Cite
RitongaI. I., Soetarto E., & Sihaloho M. (2022). Hubungan Peran Pemuda Tani Indonesia dalam Pemberdayaan Petani dengan Taraf Hidup Petani : (Studi Kasus: Program on-farm Petani Mandiri di Desa Tahalak). Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM], 6(4), 445-455. https://doi.org/10.29244/jskpm.v6i4.997
Section
Articles