EFEKTIVITAS INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI PRODUK “RENDANG UNINAM”

  • Ari Ramadan Ipb University
  • Anna Fatchiya
Abstract views: 1033 , PDF downloads: 613
Keywords: Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, Rendang, Efektivitas, Promosi, Media sosial, Instagram

Abstract

Salah satu media sosial yang digunakan oleh usaha “Rendang Uninam” untuk mempromosikan produknya adalah Instagram. Penggunaan Instagram dipilih karena Instagram merupakan salah satu media sosial yang sangat populer di kalangan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas promosi produk “Rendang Uninam” melalui Instagram. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan efektivitas promosi produk “Rendang Uninam” melalui media sosial Instagram. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan cara menyebarkan kuesioner online. Kemudiandilanjutkan dengan wawancara bersama pemilik usaha, admin dan karyawan sebagai informan. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 60 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Instagram cukup efektif untuk menstimulasi perhatian (attention) responden, akan tetapi belum efektif dalam memunculkan ketertarikan (interest), keinginan (desire) responden untuk membeli, serta membuat responden untuk melakukan tindakan (action) membeli. Efektivitas promosi melalui media sosial Instagram ini berhubungan dengan aktivitas promosi yang dilakukan oleh akun @rendang_uninam yaitu tingkat daya tarik pesan, gaya pesan, tingkat keakuratan dan kejelasan pesan, dan frekuensi penyampaian pesan.

Kata kunci: Rendang, Efektivitas, Promosi, Media sosial, Instagram

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adijaya C. 2015. Evaluasi Kecukupan Proses Sterilisasi Rendang Sapi dalam Kaleng di PT Langit Cerah Sukses. [skripsi]. Bogor (ID): InstitutPertanian Bogor [elektronik]. [diunduh pada 2020 Februari 18]. [Tersedia pada: https://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/78129
AkhmadKA. 2015. Pemanfaatan Media Sosial Bagi Pembangunan Pemasaran UMKM (Studi Deskriptif Kualitatif pada Distro di Kota Surakarta). [Jurnal elektronik]. Jurnal Liquidity. 2(1):80-86. [diunduh pada: 2019 Agustus 19]. [Tersedia pada: http:journal.stmikdb.ac.id/index.php/ dutacom/article/view/17
Alamsyah Y. 2008. Bangkitnya Bisnis Kuliner Tradisional Meraih Untung dari Bisnis Masakan Tradisional Kaki Lima sampai Restaurant. Jakarta (ID): PT Elex Media Komputindo.
Brisseden, Rosemary. 2007. Southeast AsianFood, Classic and Modern Dishes from Indonesia, Malaysia, Singapore, Thailand, Laos, Cambodia and Vietnam. Perpilus. P. 102. ISBN0794604889. Retrieved 31 October 2014
Cnngo (Cable News Network). 2011. World’s 50 Most Delicious Foods. [Internet]. [diunduh pada: 2020 Februari 25]. [Tersedia pada: http://travel.cnn.com/explorations/eat/readers-choice-worlds-50-most-delicious-foods-012321
Databoks.2018. Ini Media Sosial Paling Populer di Indonesia. [Internet]. [diunduh pada 2020 Maret 1]. [Tersedia pada: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/02/01/media-sosial-apa-yang-paling-sering-digunakan-masyarakat-indonesia
Diamond S. 2015. The Visual Marketing Revolution: 26 Kiat Sukses Pemasaran di Media Sosial. Jakarta(ID): Serambi Ilmu Semesta. 400 hal.
Effendi S, Tukiran. 2012. Metode Penelitian Survei. Jakarta (ID): LP3ES
Fajri PY. 2014. Evaluasi Nilai Gizi Rendang dan Kalio Khas Sumatera Barat. [Tesis]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor. [diunduh pada: 2020 Februari 18]. [Tersedia pada: https://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/71382
Ghyanti KF. 2016. Efektivitas Promosi Produk Organik “Bee Organic Food” Melalui Media Sosial Instagram.
[Skripsi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor [elektronik]. [diunduh pada 2020 Maret3].[Tersediapada:https://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/81494
Indika DR, Jovita C. 2017. Media Sosial Instagram sebagai Sarana Promosiuntuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis Terapan. [internet]. [diunduh 2019 September9]. 01(1):25-32. [Tersedia pada: http://journal.ubaya.ac.id/index.php/JIBT/article/download/296/192
Irfan M. 2014. Efektivitas Penggunaan Media Sosial Twitter sebagai Media Komunikasi Pemasaran Strike! Courier di Samarinda. [diunduh pada: 2020 September 15].02(2):28-38. [Tersedia pada: http://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/wpcontent/uploads/2014/05/Journal%20_final_%20(05-12-14-09-15-22).pdf
Johar DS, Kumadji S, Mawardi MK. 2015. Pengaruh AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) Terhadap EfektifitasIklan Online (Survei Pada Pembeli di Toko Online Adorable Project). Jurnal Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya. [Internet]. [diunduh pada 2020 November 29].26(1):1-10. [Tersedia pada: http://administrasibisnis.studentjourn al.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/ 1031
Kominfo. 2014. Pengguna Internet Indonesia Nomor Enam di Dunia. [internet]. [diakses pada 2020 Maret 1].[Tersedia pada:https://kominfo.go.id/content/detail/4286/pengguna-internet-indonesia-nomor-enam-dunia/0/sorotan_media
Kotler Philip, Keller KL. 2009 Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga Belas (Alih bahasa dari Bahasa Inggris oleh Sabran B). Edisi 13. Jilid 2. Jakarta (ID): Erlangga. [Judul Asli: Marketing Management, Thirteenth Edition]. 436 hal.
Kotler, Philip & Kevin L. Keller. (2012). Marketing Management, Global Edition (14th ed). New Jersey: Pearson.
Prentice Hall Kurniawan H. 2015. Efektivitas Media Sosial Instagram sebagai Media Promosi Batik Solo “Inasinul”. [Skripsi]. Bogor(ID): Institut Pertanian Bogor. [elektronik]. [diunduh pada: 2020 Januari 20]. [Tersedia pada: https://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/76951
Kusumastuti YI. 2009. Komunikasi Bisnis Bogor (ID): IPB Press. 201 halMorissan. 2010. Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta (ID): Kencana. 376 hal.
NurgiyantoroS. 2014. Pengaruh Strategi Promosi Melalui Social Media Terhadap Keputusan Pembelian Garskin Yang Dimediasi Word Of Mouth Marketing (Studi pada Konsumen Produk Garskin Merek SayHello di Kota Yogyakarta). [Skripsi]. [Internet]. [diunduh pada 2019 September 25]. [Tersedia pada http://eprints.uny.ac.id/16797/1/SKRIPSI.pdf ]
Prisgunanto I. 20014. Komunikasi PemasaranEra Digital]. Jakarta (ID): PrisaniCendekia. 273 hal.
Putra AP. 2010. Analisis Strategi Promosi Majalah Citra Cinta. [skripsi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.
Putri CS. 2013. Pengaruh Media Sosial terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Cherie melalui Minat Beli. [internet]. [Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis]. 1(5):594-603. [diunduh pada 2019 Oktober 7]. [Tersedia pada: https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/article/view/348]
Rangkuti Freddy. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus. Jakarta (ID): PT Gramedia Pustaka Utama
Salamon DK. 2013. Instagram, Ketika Foto Menjadi Mediator Komunikasi Lintas Budaya di Dunia Maya. [skripsi]. [internet]. [diunduh 2019 September 25]. [Tersedia pada: http://repository.petra.ac.id/16642/1/Publikasi1_10021_1481.pdf
Sholihah, A. 2011. Proses Pengalengan Kalio Daging Sapid an Kajian Pengaruh Sterilitas (Fo) Pemanasan PadaBerbagai Suhu Terhadap Perubahan Sifat Fisiknya. [Skripsi]. [Internet]. [diunduh pada 2020 November 3].[Tersedia pada: https://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/47320 Tampubolon M,
Singarimbun M, Effendi S. 2006. Metode Penelitian Survei. Jakarta (ID): LP3ES. 33 hal
Sukma AA. 2012. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Melalui Media Social NetworkingWebsites. Jurnal Ekonomi Manajemen Universitas Gunadarma. [internet]. [diunduh pada: 2020 September 10]. [Tersedia pada: http://publication.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/6151/1/JURNAL.pdf
Shimp TA. 2003. Periklanan Promosi, AspekTambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Edisi kelima (Alih bahasadari Bahasa Inggris oleh Nurcahyo M). Edisi 5. Jilid 1. Jakarta (ID): Erlangga. [Judul asli: IntegratedMarketing Communication inAdvertising, Promotion, Fifth Edition]. 603 hal.
SumarwanU. 2011. Perilaku Konsumen, Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Edisi kedua. Bogor (ID):Ghalia Indonesia 468 hal. [Undang-Undang] Undang-Undang Republik Indonesia No.11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.
WurinandaI. 2015. Efektivitas Promosi Produk Ayam Suwir “Si Kentung” melalui Twitter. [skripsi]. Bogor(ID): Institut Pertanian Bogor. [diunduh pada: 2020 Maret 2]. [Tersedia pada: https://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/75101
Published
2021-04-20
How to Cite
RamadanA., & Anna Fatchiya. (2021). EFEKTIVITAS INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI PRODUK “RENDANG UNINAM”. Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM], 5(1), 64-84. https://doi.org/10.29244/jskpm.v5i1.796
Section
Original Research Articles