Efektivitas Akun Instagram @Infosumbar sebagai Media Penyebaran Informasi Sejarah dan Budaya Minangkabau
Abstract
Instagram menjadi salah satu media sosial terpopuler yang digunakan oleh masyarakat saat ini. Peluang tersebut digunakan oleh PT Infosumbar Media Kreasi untuk memanfaatkan Instagram sebagai media dalam menyebarkan informasi sejarah dan budaya lokal di tengah warisan kebudayaan Indonesia. Penelitian ini menganalisis efektivitas akun Instagram @infosumbar sebagai media penyebaran informasi sejarah dan budaya Minangkabau. Penelitian ini menghubungkan variabel terpaan penggunaan Instagram dengan tingkat efektivitas Instagram yang dilihat dari efek pesan komunikasi terhadap aspek kognitif, afektif, dan konatif pengikutnya. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan observasi sebagai instrumen pengambilan data kuantitatif yang didukung dengan data kualitatif dari wawancara mendalam. Data kuantitatif diolah menggunakan uji korelasi dengan pemilihan responden yang menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan nyata antara tingkat terpaan pengikut akun Instagram @infosumbar dengan tingkat efektivitas akun Instagram @infosumbar dalam aspek kognitif, afektif, dan konatif.
Downloads
References
[APJII] Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. 2019. Laporan Survei Penetrasi & Profil Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2019-2020. Tersedia pada: www.apjiii.or.id/content/read/39/410/hasil-surveipenetrasi-dan-perilaku-pengguna-internet-indonesi a-2019.
Asiati DI, Septadiyanto. 2018. Karakteristik Pengguna Media Sosial. MBIA. 17(3): 25-36. Tersedia pada: https://media.neliti.com/media/publications/279960-karakteristik-pengguna media-sosial-6eb6 466b.pdf.
Azman. 2018. Penggunaan Media Massa dan Media Sosial di Kalangan Mahasiswa Komunikasi. Media Kajian Komunikasi Islam. 1(1). https://doi.org/10.22373/jp.v1i1.2759.
Data Reportal. 2022. Digital 2022 Global Statshot Report. Tersedia pada: https://datareportal.com/reports/digital-2022-global-overview-report.
Effendy OU. 2005. Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung (ID): Remaja Rosdakarya.
Hootsuite & We Are Social. 2022. Digital 2022 Indonesia. Retrieved from https://datareportal.com/reports/digital-2022-indonesia.
Indriyani M, Bambang AA, Hapsari DT. 2020. Efektivitas Penggunaan Media Online Tirto.id Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Berita Livi Zheng. JSJ: Jurnal Studi Jurnalistik. 8(1):12–18. DOI:10.22236/komunika.v8i1.5714.
Laili A, Rahmawati GD, Dzalila L. 2021. Efektivitas Akun Instagram @Jakpostimages dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers. JISIP: J Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. 10(2):101-109. Tersedia pada: http://www.publikasi.unitri.ac.id/.
Mulya S. 2020. Efektivitas Facebook Desa Sebagai Media Penyebaran Informasi Pembangunan Desa. Tersedia pada: https://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/102447.
Munawwaroh PR. 2018. Pengaruh terpaan media pada akun instagram @exploresiak terhadap minat kunjungan wisata ke Siak Sri Indrapura. JOM FISIP. 5(1); 1-13. Tersedia pada: https://www.neliti. com/publications/199786/pengaruh-terpaan-media-pada-akun-instagram-exploresiak-terhadap-minat-kunjungan.
Putra YS. 2016. Theoritical Review: Teori Perbedaan Generasi. Among Makarti. 9(18):123-134. https://doi.org/10.52353/ama.v9i2.142
Qorib F. 2020. Pola Konsumsi Media pada Generasi Milenial Kota Malang. Jurnal Ilmu Komunikasi: Ultimacomm. 12(1):53-71. Tersedia pada: https://ejournals.umn.ac.id/index.php/FIKOM /article/view/1 490/904.
Rakhmat J. 2002. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung (ID): PT. Remaja Rosdakarya.
Rakhmat J. 2012. Metode penelitian komunikasi dilengkapi contoh analisis statistik. Bandung (ID): PT Remaja Rosdakarya.
Rakhmawati NA, Sherlyanita AK. 2016. Pengaruh dan Pola Aktivitas Penggunaan Internet serta Media Sosial pada Siswa SMPN 52 Surabaya. Jurnal Teknik Sistem Informasi dan Intelijen Bisnis. 1(2). Tersedia pada: https://e-journal.unair.ac.id/JISEBI/article/view/1394/1355
Riyantini R, Triarosdianan S. 2015. Efektivitas Infografis Media Online (Seurvey Pemberitaan Tempo.co pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta Kopertis Wilayah III). BINA WIDYA. 26(1):54-61. Tersedia pada: http://library.upnvj.ac.id/pdf/artikel/Majalah_Ilmiah%20UPN/bw-vol26-no1-mar2015/54-61.pdf
[UUD] Undang-Undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia 1945 pasal 28 F tentang kebabasan informasi.
Zahra R dan Rina N. 2018. Pengaruh Celebrity Endorser Hamidah Rachmayanti Terhadap Keputusan Pembelian Produk Online Shop Mayoutfit Di Kota Bandung. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi. 6(1), 43–57. https://doi.org/10.30656/lontar.v6i1.648.
Zulfan I, Gumilar G. 2014. Potensi Media Sosial sebagai Sarana Pelestarian Budaya Lokal. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi. 4(11), 77–8. Tersedia pada: https://ojs.unikom.ac.id/index.php/jipsi/ article/view/163/166.
Articles published in Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the title of the work, journal citation, link to the DOI, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
By publishing in Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.