Efektivitas Akun Instagram @Infosumbar sebagai Media Penyebaran Informasi Sejarah dan Budaya Minangkabau

  • Afira Triaputri Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor
  • Pudji Muljono Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor
Abstract views: 2230 , PDF downloads: 1849
Keywords: efektivitas, instagram, terpaan penggunaan media sosial

Abstract

Instagram menjadi salah satu media sosial terpopuler yang digunakan oleh masyarakat saat ini. Peluang tersebut digunakan oleh PT Infosumbar Media Kreasi untuk memanfaatkan Instagram sebagai media dalam menyebarkan informasi sejarah dan budaya lokal di tengah warisan kebudayaan Indonesia. Penelitian ini menganalisis efektivitas akun Instagram @infosumbar sebagai media penyebaran informasi sejarah dan budaya Minangkabau. Penelitian ini menghubungkan variabel terpaan penggunaan Instagram dengan tingkat efektivitas Instagram yang dilihat dari efek pesan komunikasi terhadap aspek kognitif, afektif, dan konatif pengikutnya. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan observasi sebagai instrumen pengambilan data kuantitatif yang didukung dengan data kualitatif dari wawancara mendalam. Data kuantitatif diolah menggunakan uji korelasi dengan pemilihan responden yang menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan nyata antara tingkat terpaan pengikut akun Instagram @infosumbar dengan tingkat efektivitas akun Instagram @infosumbar dalam aspek kognitif, afektif, dan konatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[APJII] Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. 2019. Laporan Survei Penetrasi & Profil Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2019-2020. Tersedia pada: www.apjiii.or.id/content/read/39/410/hasil-surveipenetrasi-dan-perilaku-pengguna-internet-indonesi a-2019.

Asiati DI, Septadiyanto. 2018. Karakteristik Pengguna Media Sosial. MBIA. 17(3): 25-36. Tersedia pada: https://media.neliti.com/media/publications/279960-karakteristik-pengguna media-sosial-6eb6 466b.pdf.

Azman. 2018. Penggunaan Media Massa dan Media Sosial di Kalangan Mahasiswa Komunikasi. Media Kajian Komunikasi Islam. 1(1). https://doi.org/10.22373/jp.v1i1.2759.

Data Reportal. 2022. Digital 2022 Global Statshot Report. Tersedia pada: https://datareportal.com/reports/digital-2022-global-overview-report.

Effendy OU. 2005. Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung (ID): Remaja Rosdakarya.

Hootsuite & We Are Social. 2022. Digital 2022 Indonesia. Retrieved from https://datareportal.com/reports/digital-2022-indonesia.

Indriyani M, Bambang AA, Hapsari DT. 2020. Efektivitas Penggunaan Media Online Tirto.id Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Berita Livi Zheng. JSJ: Jurnal Studi Jurnalistik. 8(1):12–18. DOI:10.22236/komunika.v8i1.5714.

Laili A, Rahmawati GD, Dzalila L. 2021. Efektivitas Akun Instagram @Jakpostimages dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers. JISIP: J Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. 10(2):101-109. Tersedia pada: http://www.publikasi.unitri.ac.id/.

Mulya S. 2020. Efektivitas Facebook Desa Sebagai Media Penyebaran Informasi Pembangunan Desa. Tersedia pada: https://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/102447.

Munawwaroh PR. 2018. Pengaruh terpaan media pada akun instagram @exploresiak terhadap minat kunjungan wisata ke Siak Sri Indrapura. JOM FISIP. 5(1); 1-13. Tersedia pada: https://www.neliti. com/publications/199786/pengaruh-terpaan-media-pada-akun-instagram-exploresiak-terhadap-minat-kunjungan.

Putra YS. 2016. Theoritical Review: Teori Perbedaan Generasi. Among Makarti. 9(18):123-134. https://doi.org/10.52353/ama.v9i2.142

Qorib F. 2020. Pola Konsumsi Media pada Generasi Milenial Kota Malang. Jurnal Ilmu Komunikasi: Ultimacomm. 12(1):53-71. Tersedia pada: https://ejournals.umn.ac.id/index.php/FIKOM /article/view/1 490/904.

Rakhmat J. 2002. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung (ID): PT. Remaja Rosdakarya.

Rakhmat J. 2012. Metode penelitian komunikasi dilengkapi contoh analisis statistik. Bandung (ID): PT Remaja Rosdakarya.

Rakhmawati NA, Sherlyanita AK. 2016. Pengaruh dan Pola Aktivitas Penggunaan Internet serta Media Sosial pada Siswa SMPN 52 Surabaya. Jurnal Teknik Sistem Informasi dan Intelijen Bisnis. 1(2). Tersedia pada: https://e-journal.unair.ac.id/JISEBI/article/view/1394/1355

Riyantini R, Triarosdianan S. 2015. Efektivitas Infografis Media Online (Seurvey Pemberitaan Tempo.co pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta Kopertis Wilayah III). BINA WIDYA. 26(1):54-61. Tersedia pada: http://library.upnvj.ac.id/pdf/artikel/Majalah_Ilmiah%20UPN/bw-vol26-no1-mar2015/54-61.pdf

[UUD] Undang-Undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia 1945 pasal 28 F tentang kebabasan informasi.

Zahra R dan Rina N. 2018. Pengaruh Celebrity Endorser Hamidah Rachmayanti Terhadap Keputusan Pembelian Produk Online Shop Mayoutfit Di Kota Bandung. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi. 6(1), 43–57. https://doi.org/10.30656/lontar.v6i1.648.

Zulfan I, Gumilar G. 2014. Potensi Media Sosial sebagai Sarana Pelestarian Budaya Lokal. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi. 4(11), 77–8. Tersedia pada: https://ojs.unikom.ac.id/index.php/jipsi/ article/view/163/166.

Published
2022-09-12
How to Cite
TriaputriA., & MuljonoP. (2022). Efektivitas Akun Instagram @Infosumbar sebagai Media Penyebaran Informasi Sejarah dan Budaya Minangkabau. Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM], 6(4), 467-479. https://doi.org/10.29244/jskpm.v6i4.1034
Section
Articles