Hubungan Antara Efektivitas Komunikasi Pendamping Program dengan Keberhasilan Program CSR dalam Pemberdayaan Masyarakat

  • Mawaddah Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor
  • Pudji Muljono Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor
Abstract views: 393 , PDF downloads: 380
Keywords: komunikasi, pemberdayaan, program CSR

Abstract

Salah satu permasalahan CSR di Indonesia disebabkan akibat pengkomunikasian CSR yang belum efektif sehingga program CSR belum dipahami oleh masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan hubungan variabel-variabel yang digunakan dalam mengukur efektivitas komunikasi pendamping program CSR dengan keberhasilan program CSR dalam pemberdayaan masyarakat. Penelitian ini dilakukan pada salah satu desa binaan PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk, Desa Bantarjati, Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Data dianalisis dengan menggunakan tabel frekuensi dan uji korelasi Rank Spearman untuk mengetahui hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat efektivitas komunikasi pendamping program cenderung tinggi, sedangkan tingkat keberhasilan program dan tingkat keberdayaan penerima program cenderung sedang. Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa dua variabel tingkat efektivitas komunikasi pendamping program memiliki hubungan signifikan dengan dua variabel dengan tingkat keberhasilan program. Dua variabel pada tingkat keberhasilan program CSR juga berhubungan dengan dua variabel pada tingkat keberdayaan penerima program.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwas OM. 2013. Pemberdayaan Masyarakat di Era Global. Bandung (ID): Alfabeta

Hasan U. 2014. Kewajiban Corporate Social Responsibility (CSR) dilihat dari perspektif hukum. Jurnal majalah hukum forum akademika [Internet]. 25(1):1-9. (diunduh pada 10 November 2018). Dapat diakses di https://online-journal.unja.ac.id

Manogi D. 2013. Efektivitas pelaksanaan program tanggung jawab sosial perusahaan PT. Pertamina (Perseo) unit pemasaran I Medan di lingkungan XII Kelurahan Silalas Kecamatan Medan Barat [Internet]. Jurnal Universitas Sumatera Utara. 2(1): 1- 10. [diunduh pada 2019 Sept 2]. Tersedia pada: http://jurnal.usu.ac.id/index.php/ws/article/view/2143/1177

Margiono A. 2006. Menuju corporate social leadersip. Suara Pembaharuan. Edisi 11 Mei 20016

Morsing M, Schultzn M. 2006. Corporate social responsibility communication: stakeholder information, response and involvement strategies. 5(14) [diunduh pada 2019 Sept 2]. Tersedia pada: https://www.academia.edu/17686488/Corporate_social_responsibility_communication_stakeholder_information_response_and_involvement_strategies?auto=download

Rahman R. 2009. Corporate Social Responsibility antara Teori dan Kenyataan. Yogyakarta (ID): Media Pressindo.

Suharto E. 2005. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Bandung (ID): PT.Refika Aditama

Tubbs S dan Moss S. 1996. Human Communication: Prinsip Prinsip Dasar. Bandung (ID): PT. Remaja Rosdakarya

Undang-undang No.40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (PT)

Utami HN. 2006. Keberdayaan, kemajuan dan keberlanjutan usaha pengrajin: kasus Kabupaten Siduarjo dan Kabupaten magetan Provinsi Jawa Timur[Disertasi]. Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor.

Wahyudi, Isa dan Azheri. 2008. Corporate Social Responsibility: Prinsip, Pengaturan dan Implementasi. Malang (ID): Setara Press.

Wibisono S. 2007. Membedah Konsep dan Aplikasi CSR. Gresik (ID): Fascho Publishing.

Published
2022-04-20
How to Cite
Mawaddah, & MuljonoP. (2022). Hubungan Antara Efektivitas Komunikasi Pendamping Program dengan Keberhasilan Program CSR dalam Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM], 6(2), 172-186. https://doi.org/10.29244/jskpm.v6i2.683
Section
Articles