Hubungan Efektivitas Program Corporate Social Responsibility dengan Citra Perusahaan

(Kasus: Program CSR PT. Indonesia Asahan Aluminium, Kuala Tanjung, Provinsi Sumatera Utara)

  • Yumnaa Rifqi Simanjuntak Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor
  • Sofyan Sjaf Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor
Abstract views: 565 , PDF downloads: 486
Keywords: Citra Perusahaan, CSR, Efektivitas

Abstract

UU Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas pada pasal 74 mengatur tanggung jawab perusahaan dengan lingkungan sosial dan lingkungan hidup akibat dari pelaksanaan kegiatan perusahaan. Melalui pelaksanaan program CSR perusahaan berharap akan mendatangkan citra perusahaan yang positif dari masyarakat. Proses pelaksanaan program CSR harus terus dievaluasi untuk melihat seberapa efektif dilaksanakannya program CSR tersebut agar tercapainya tujuan dari program tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara efektivitas program CSR dengan citra perusahan PT. Inalum. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif yang didukung oleh data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh melalui kuesioner dan data kualitatif diperoleh melalui wawancara mendalam menggunakan panduan wawancara serta observasi lapang. Teknik dalam penentuan responden penelitian menggunakan metode sensus sebanyak 39  responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas program yang dilaksanakan oleh PT. Inalum berada pada kategori sangat efektif dan selaras dengan citra perusahaan yang diterima PT. Inalum berada pada kategori yang sangat positif, namun hubungan diantara kedua variabel tersebut lemah. Nilai korelasi koefisien yang didapat yaitu 0,093 dengan nilai sig (2-Tailed) 0.572.  Hal ini memiliki arti bahwasannya ada faktor lain yang mempengaruhi citra perusahaan PT. Inalum bisa menjadi sangat positif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anasrul, Amar Y, Wahda. 2018. Implementasi Program CSR Dan Pengaruhnya Terhadap Citra Perusahaan (Studi Kasus Program CSR PT Vale Indonesia, Tbk pada Proyek Penyediaan Air Bersih). Hasanuddin Journal of Applied Business and Entrepreneurship. [diunduh tanggal 2020 Desember 18] 01(4):1-9.

Aprillita D. 2019. Efektivitas Program “Perpuseru” Dalam Mengembangkan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Lubuklinggau. [skripsi] Palembang (ID) : UIN Raden Fatah. Dapat diunduh melalui http://repository.radenfatah.ac.id/4810/8/FULL%20BAB.pdf

Ardianto,E, Soemirat,S. 2008. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hawkins DI. et al. 2000. Consumer Behaviour : Building Marketing Strategy. 8th Edition. Oregon(US): Oregon State of University

Inalum. 2020. Concern Program. https://www.inalum.id/id/our-concern/program

Mahmudi. 2005. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta (ID) : UUP Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Nurdiana. 2008. Analisis Efektivitas Implementsi Corporate Social Responsibility PT KALTIMPrima Coal. Tesis. [Internet] [diunduh 4 oktober2019] Dapat diunduh melalui: http://repository.sb.ipb.ac.id/478/16/Tesis.pdf

Pickton D, Broderick A. 2001. Integrated Marketing Communication second edition. Essex: Pearson Education Ltd.

Sedarmayanti. 2009. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: CV Mandar Maju

Simamora. 2019. Efektivitas Program Corporate Social Responsibility (CSR) dan Citra Perusahaan. [skripsi] Medan: Universitas Sumatera Utara. http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/31330

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung (ID) : Penerbit Alfabeta

Sutojo S. 2004. Membangun citra perusahaan. Jakarta: PT Damar

Wibisono Y. 2007. Membedah Konsep dan Aplikasi CSR (Corporate Social Responsibility). Gresik: Fascho Publishing

Published
2022-03-16
How to Cite
SimanjuntakY. R., & Sofyan Sjaf. (2022). Hubungan Efektivitas Program Corporate Social Responsibility dengan Citra Perusahaan : (Kasus: Program CSR PT. Indonesia Asahan Aluminium, Kuala Tanjung, Provinsi Sumatera Utara). Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM], 6(1), 64-74. https://doi.org/10.29244/jskpm.v6i1.966
Section
Articles