Hubungan Efektivitas Program Corporate Social Responsibility dengan Citra Perusahaan
(Kasus: Program CSR PT. Indonesia Asahan Aluminium, Kuala Tanjung, Provinsi Sumatera Utara)
Abstract
UU Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas pada pasal 74 mengatur tanggung jawab perusahaan dengan lingkungan sosial dan lingkungan hidup akibat dari pelaksanaan kegiatan perusahaan. Melalui pelaksanaan program CSR perusahaan berharap akan mendatangkan citra perusahaan yang positif dari masyarakat. Proses pelaksanaan program CSR harus terus dievaluasi untuk melihat seberapa efektif dilaksanakannya program CSR tersebut agar tercapainya tujuan dari program tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara efektivitas program CSR dengan citra perusahan PT. Inalum. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif yang didukung oleh data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh melalui kuesioner dan data kualitatif diperoleh melalui wawancara mendalam menggunakan panduan wawancara serta observasi lapang. Teknik dalam penentuan responden penelitian menggunakan metode sensus sebanyak 39 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas program yang dilaksanakan oleh PT. Inalum berada pada kategori sangat efektif dan selaras dengan citra perusahaan yang diterima PT. Inalum berada pada kategori yang sangat positif, namun hubungan diantara kedua variabel tersebut lemah. Nilai korelasi koefisien yang didapat yaitu 0,093 dengan nilai sig (2-Tailed) 0.572. Hal ini memiliki arti bahwasannya ada faktor lain yang mempengaruhi citra perusahaan PT. Inalum bisa menjadi sangat positif.
Downloads
References
Anasrul, Amar Y, Wahda. 2018. Implementasi Program CSR Dan Pengaruhnya Terhadap Citra Perusahaan (Studi Kasus Program CSR PT Vale Indonesia, Tbk pada Proyek Penyediaan Air Bersih). Hasanuddin Journal of Applied Business and Entrepreneurship. [diunduh tanggal 2020 Desember 18] 01(4):1-9.
Aprillita D. 2019. Efektivitas Program “Perpuseru” Dalam Mengembangkan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Lubuklinggau. [skripsi] Palembang (ID) : UIN Raden Fatah. Dapat diunduh melalui http://repository.radenfatah.ac.id/4810/8/FULL%20BAB.pdf
Ardianto,E, Soemirat,S. 2008. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hawkins DI. et al. 2000. Consumer Behaviour : Building Marketing Strategy. 8th Edition. Oregon(US): Oregon State of University
Inalum. 2020. Concern Program. https://www.inalum.id/id/our-concern/program
Mahmudi. 2005. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta (ID) : UUP Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.
Nurdiana. 2008. Analisis Efektivitas Implementsi Corporate Social Responsibility PT KALTIMPrima Coal. Tesis. [Internet] [diunduh 4 oktober2019] Dapat diunduh melalui: http://repository.sb.ipb.ac.id/478/16/Tesis.pdf
Pickton D, Broderick A. 2001. Integrated Marketing Communication second edition. Essex: Pearson Education Ltd.
Sedarmayanti. 2009. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: CV Mandar Maju
Simamora. 2019. Efektivitas Program Corporate Social Responsibility (CSR) dan Citra Perusahaan. [skripsi] Medan: Universitas Sumatera Utara. http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/31330
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung (ID) : Penerbit Alfabeta
Sutojo S. 2004. Membangun citra perusahaan. Jakarta: PT Damar
Wibisono Y. 2007. Membedah Konsep dan Aplikasi CSR (Corporate Social Responsibility). Gresik: Fascho Publishing
Articles published in Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the title of the work, journal citation, link to the DOI, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
By publishing in Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.