Efektivitas E-WOM melalui Instagram sebagai Media Pemasaran Viral Agroeduwisata di Masa Pandemi Covid-19

(Kasus: Kampung Agroeduwisata Organik Mulyaharja, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat)

  • Aliya Nur Syahira Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor
  • Anna Fatchiya Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor
Abstract views: 500 , PDF downloads: 519
Keywords: agroeduwisata, efektivitas, media sosial

Abstract

Kampung Agroeduwisata Organik Mulyaharja harus tutup sementara dan melakukan promosi melalui media sosial pasca-PPKM. Salah satu strategi promosi yang efektif dilakukan di media sosial adalah electronic word of mouth dimana calon pengunjung dapat mendapat rekomendasi dan informasi berdasarkan pengalam pribadi yang membantu memutuskan kunjungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas e-WOM melalui Instagram. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan kuesioner online dan didukung dengan data kualitatif melalui wawancara mendalam. Responden yang digunakan adalah followers Instagram @visitmulyaharja berjumlah 44 orang yang didapatkan melalui teknik accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian responden terhadap dimensi electronic word of mouth berada pada kategori tinggi untuk indikator valensi pendapat, efektivitas strategi promosi di masa pandemi ternyata efektif untuk meningkatkan ketertarikan followers, dan terdapat faktor-faktor yang berhubungan dengan efektivitas strategi promosi, yaitu dimensi intensitas efektif sampai pada tindakan sharing, dimensi konten efektif sampai kegiatan search (mencari), dan dimensi valensi pendapat hanya tidak berkorelasi dengan indikator action pada model AISAS.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhanisa C, Fatchiya A. 2017. The Effectiveness of The Website And Instagram as a Means of Promotion in Community Based Tourism Area. J Sains Komun dan Pengemb Masy [JSKPM].. doi: https://10.29244/jskpm.1.4.451-466.

APJII. 2020. Laporan Survei Internet APJII 2019 – 2020. Asos Penyelenggara Jasa Internet Indones. 2020:1–146.

Ati Mustikasari SW. 2016. The Influence of e-WOM on the Decision Comes To The Tourism in Bandung. Manaj Indones. 16(2):95–103.

Fauziah R, Ratnamulyani IA, Kusumadinata AA. 2018. Efektifitas Promosi Destinasi Wisata Rekreasi Gunung Pancar Melalui Postingan Instagram Media Sosial. J Komun. 4(1):27–40. doi: https://10.30997/jk.v4i1.1210.

Gian M, Pratama G, Sains D, Dan K, Masyarakat P, Manusia FE. 2020. HUBUNGAN KOMUNIKASI WORD OF MOUTH SEBAGAI MEDIA PROMOSI DENGAN KEPUTUSAN DAN.

Goyette I, dkk. 2010. e-WOM Scale: word of mouth measurement scale for e-services context. Canadian Journal of Administrative Sciences. [internet]. [diunduh pada 2021 Agustus 2].; 27(1): 5-23. Tersedia pada: https://doi.org/10.1002/cjas.129

Hennig-Thurau T, Gwinner KP, Walsh G, Gremler DD. 2004. Electronic word-of-mouth via consumer-opinion platforms: What motivates consumers to articulate themselves on the Internet? J Interact Mark. 18(1):38–52. doi: https://10.1002/dir.10073.

KhasaJunawan H, Laugu N. 2020. Eksistensi Media Sosial,Youtube, Instagram dan Whatsapp Ditengah Pandemi Covid-19 Dikalangan Masyarakat Virtual Indonesia. Baitul ’Ulum J Ilmu Perpust dan Inf. 4(1):41–57. doi: https://10.30631/baitululum.v4i1.46

Khasani muhammad akrom. 2014. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kunjungan Wisatawan di Pantai Cahaya, Weleri, Kabupaten Kendal. skripsi Fak Ekon Univ Diponegoro Semarang.:1–95.

Kotler dan Keller, 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi ke 14. Jakarta: Erlangga

Maulidi WS. Pangestuti E. 2019. Pengaruh Electronic Word Of Mouth (EWOM) di Instagram Terhadap Minat Berkunjung dan Dampaknya Terhadap Keputusan Berkunjung (Survei Pada Wisata Muara Bengawan Solo, Gresik). Jurnal Administrasi Bisnis. [diunduh pada 2021 Mei 1]; 71(1): 40-50. Tersedia pada: http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/viewFile/2827/3212

Nilashi M, Asadi S, Minaei-Bidgoli B, Ali Abumalloh R, Samad S, Ghabban F, Ahani A. 2021. Recommendation agents and information sharing through social media for coronavirus outbreak. Telemat Informatics. 61(May 2020):101597. doi: https://10.1016/j.tele.2021.101597.

Pedersen ST, Razmerita L, Colleoni E. 2014. Electronic Word-of-Mouth communication and consumer behaviour : an exploratory study of Danish social media communication influence. LSP J. 5(1):112–131. Poernamawati DE. 2018. Analisis Dimensi Electronic Word of Mouth ( Ewom ). :127–137

Poernamawati DE. 2018. Analisis Dimensi Electronic Word of Mouth ( Ewom ). :127–137.

Sumarwan U. 2011. Perilaku Konsumen, Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Edisi kedua. Bogor (ID):Ghalia Indonesia

Sugiyama, Kotaro , Andree. 2011. The Dentsu Way. United States: Dentsu Inc. Tersedia pada: https://www.goodreads.com/book/show/9678902-the-dentsu-way

Singarimbun, Masri & Sofian Effendi. 2008. Metode Penelitian Survei, Jakarta: LP3ES.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung [ID] : PT Alfabet

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung [ID]: PT Alfabet

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung [ID]: PT Alfabet

Supratman LP. 2018. Penggunaan Media Sosial oleh Digital Native. J ILMU Komun. 15(1):47–60. doi: https://10.24002/jik.v15i1.1243

Tasruddin R. 2015. Strategi promosi periklanan yang efektif. Jurnal Al-Khitabah. [internet]. [diunduh pada 2022 Januari 18]; 2(1): 107-116. Tersedia pada: https://core.ac.uk/download/pdf/234750247.pdf [UU] Undang-undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2009 tentang kepariwisataan.

[UU] Undang-undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2009 tentang 85 kepariwisataan.

We Are Social & Hootsuite. 2021. Digital 2021: Global Digital Overview. Glob Digit Insights. doi: https://datareportal.com/reports/digital-2021-indonesia

Wijayanti A. 2021. Efektivitas Instagram dalam Meningkatkan Minat Kunjungan Wisatawan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Indones J Tour Leis. 2(1):26–39. doi:10.36256/ijtl.v2i1.138.

Wirawan FW, Hapsari PD. 2016. Analisis AISAS model terhadap product placement dalam film Indonesia (studi kasus: brand kuliner di film ada apa dengan cinta 2. REKAM: Jurnal Fotografi, Televisi, Animasi. [internet666]. [diunduh pada 2021 Agustus 2];12(2):69-81. Tersedia pada: Doi: https://doi.org/10.24821/rekam.v12i2.1424

Published
2022-07-22
How to Cite
SyahiraA. N., & FatchiyaA. (2022). Efektivitas E-WOM melalui Instagram sebagai Media Pemasaran Viral Agroeduwisata di Masa Pandemi Covid-19: (Kasus: Kampung Agroeduwisata Organik Mulyaharja, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat). Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM], 6(3), 379-395. https://doi.org/10.29244/jskpm.v6i3.949
Section
Articles