Efektivitas Instagram Sebagai Media Promosi Produk Olahan Pertanian Kopi Di Rumah Kopi Sunda Hejo
Abstract
Agroindustri merupakan kegiatan industri dengan memanfaatkan hasil pertanian yang diolah menjadi produk olahan pertanian. UMKM merupakan agroindustri skala kecil dan menengah yang menjual produk lokal. Dalam pengembangan usaha UMKM, perlu dilakukan kegiatan promosi untuk memperkenalkan produk kepada konsumen secara luas, salah satunya menggunakan media sosial Instagram. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis karakteristik pesan dalam media sosial Instagram, menganalisis keterdedahan terhadap akun @sundahejo, menganalisis efektivitas Instagram sebagai media promosi, menganalisis hubungan antara karakteristik konsumen dengan efektivitas Instagram sebagai media promosi, menganalisis hubungan antara karakteristik pesan dalam media sosial Instagram dengan efektivitas Instagram sebagai media promosi, dan menganalisis hubungan antara keterdedahan terhadap akun @sundahejo dengan efektivitas Instagram sebagai media promosi. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan data kuantitatif berupa kuesioner yang didukung oleh data kualitatif berupa wawancara mendalam. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 50 responden. Hasil penelitian menunjukkan Instagram efektif dalam menstimulasi perhatian, ketertarikan dan keinginan responden. Memasuki tahap action efektivitas Instagram tergolong cukup efektif mendorong responden dalam melakukan tindakan terhadap produk kopi Sunda Hejo.
Kata Kunci: Kopi lokal, Media promosi Instagram, Model AIDA
Downloads
References
[BPS]. Badan Pusat Statistik. 2013. Statistik UMKM tahun 2012-2013. [internet]. [diunduh tanggal 16 Januari 2019]. Dapat diunduh di: www.bps.go.id
Chrismardani Y. 2014. Jurnal NeO-Bis. Komunikasi pemasaran terpadu: implementasi untuk UMKM. [Internet]. [diunduh pada 9 Februari 2018]. Vol. 8(2). Madura (ID): Universitas Trunojoyo Madura. Dapat diunduh pada: http://journal.trunojoyo.ac.id/neo-bis/article/view/472
Direktorat Kajian Strategis dan Kebijakan Pertanian IPB. 2017. Peran Komoditas Bagi Perekonomian Indonesia. [internet]. [diunduh tanggal 20 Juni 2019]. Dapat diunduh di: http://sustainability.ipb.ac.id/wp-content/uploads/ 2019/01/13.PERAN-KOMODITAS-KOPI-BAGI-PEREKONOMIAN-INDONESIA.pdf
Effendi S, Tukiran. 2012. Metode Penelitian Survei. Jakarta (ID): LP3ES
Khairani Z, Soviyant E, Aznuriyanti. 2018. Efektivitas Instagram sebagai media promosi Pada UMKM Sektor Makanan dan Minuman Di Kota Pekanbaru. Jurnal Benefita. 3 (2). [internet]. [diunduh 22 November 2018]. Dapat diunduh di : 10.22216/jbe.v3i1.2738
Kotler P, Armstrong G. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi ke-12. Jakarta (ID): Erlangga.
Kotler P, Keller KL. 2009. Manajemen Pemasaran. (Edisi 13). Jakarta (ID): Erlangga.
Kotler P, Keller KL. 2012. Manajemen Pemasaran. (Edisi 12). Jakarta (ID): Erlangga.
Kusumastuti Y. 2009. Komunikasi Bisnis. Bogor (ID): IPB Press
[LPPI dan BI]. Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia dan Bank Indonesia. 2015. Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). [Internet]. [Diunduh pada tanggal 15 Januari 2019]. Jakarta (ID). Dapat diunduh di: http://www.bi.go.id/id/umkm/penelitian/nasional/kajian/Documents/Profil%20Bisnis%20UMKM.pdf
Mahmudi. 2005. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta (ID): UPP AMP YKPN.
Morissan. 2010. Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta (ID): Kencana Prenada Media Group.
Oktaviani. 2018. Efektivitas Penggunaan Media Sosial Sebagai Media Promosi Wisata Umbul Ponggok Kabupaten Klaten. [skripsi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.
Permatasari G. 2016. Efektivitas Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Produk Olahan Pertanian “Yogurt Cimory”. [skripsi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.
Rahmah K. 2014. Analisis strategi pemasaran kopi lokal di rumah kopi ranin. [Skripsi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.
Riyantoro B, Harmoni A. 2013. Efektivitas Iklan Melalui Media Jejaring Sosial Sebagai Salah Satu Strategi Pemasaran Keripik Pedas Maicih. Jurnal Proceeding PESAT. 5 (5 Oktober). [internet]. [diunduh 15 November 2018]. Dapat diunduh di: http://www.ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/pesat/article/viewFile/923/813
Rodman G. 2006. Mass Media In Changing World. First Edition. USA(US): Mc Graw and Hill Inc.
Shah K dan D‘Souza A. 2014. Advertising and Integrated Marketing Communications. New Delhi (IN): McGraw: Hill Education. [internet]. [diunduh pada 2 Februari 2019]. Dapat diunduh di:https://books.google .co.id/books?id=o78zCgAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false.
Shimp TA. 2003. Periklanan Promosi dan Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran terpadu. Jakarta (ID): Erlangga.
Soeharjo A. 1991. Konsep dan Ruang Lingkup Agroindustri. Jakarta (ID): Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI)
Soekartawi. 2000. Pengantar Agroindustri. Jakarta (ID): Raja Grafindo Persada
Sulianta F. 2014. 101 Jurus Promosi Online Paling Top. Jakarta [ID]: Elex Media Komputindo
Sumarwan U. 2011. Perilaku, Teori dan Penerapan dalam Pemasaran. Jakarta (ID): PT Ghalia Indonesia.
[UU] Undang – Undang RI No. 20 Tahun 2008 Pasal 3 dan Pasal 6 Ayat 2-3 Tentang UMKM. [Internet]. [Diunduh tanggal 15 Januari 2019]. Jakarta (ID) Dapat diunduh di: https://www.bi.go.id/id/tentang-bi/uu-bi/Documents/ UU20Tahun2008UMKM.pdf
Wurinanda I. 2015. Efektivitas promosi produk ayam suwir “si kentung” melalui twitter [skripsi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.
Articles published in Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the title of the work, journal citation, link to the DOI, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
By publishing in Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.