Penggunaan dan Tingkat Literasi Media Digital Pengurus PKK di Pedesaan (Kasus: RW 06 Desa Benteng, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, Jawa Barat)
Abstract
Penggunaan dan tingkat literasi media digital setiap individu beragam tergantung pada kepentingan dan kemampuan bermedia masing-masing. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan dan tingkat literasi media digital di kalangan pengurus PKK RW 06 Desa Benteng. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif didukung data kualitatif, melibatkan 30 orang responden yang dipilih dari pengurus PKK dengan teknik sensus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media digital pengurus PKK berada pada kategori sedang. Penggunaan paling sering adalah untuk kepentingan Communication, diikuti untuk Information Utility, Leisure/Fun Activities, dan Transaction. Literasi media digital pengurus PKK memiliki tingkat medium yang menunjukkan bahwa pengurus PKK sudah memiliki kemampuan cukup baik dalam penggunaan media digital. Tingkat literasi media digital paling tinggi pada sub-indeks digital culture diikuti digital ethics, digital skills, dan digital safety. Faktor individu yang berhubungan dengan penggunaan dan tingkat literasi media digital adalah pendidikan dan akses. Penelitian ini juga membuktikan hubungan signifikan positif yang kuat antara penggunaan media digital dengan literasi media digital.
Downloads
References
Buente W, Robbin A. 2008. Trends in Internet Information Behavior, 2000-2004. Journal of the American Society for Information Science. 59(11) : 2-34. https://doi.org/10.1002/asi.20883 Tersedia pada : https://www.researchgate.net/publication/28808831_Trends_in_Internet_informat ion_behavior_2000-2004
Candrasari Y, Claretta D, Sumardjiajti. 2020. Pengembangan dan pendampingan literasi digital untuk peningkatan kualitas remaja dalam menggunakan internet. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 4(4) : 611-618. Tersedia pada http://journal.unilak.ac.id/index.php/dinamisia/article/view/4003.
DeFleur ML. 1970. Theories of Mass Communication. New York: David McKay Company.
[EAVI] European Association for Viewers Interest (2009). Study on Assessment Criteria for Media Literacy Levels: Final Report. Brussels: European Association for Viewers’s Interests.
European Commission Directorate General Information Society and Media; Media Literacy Unit. 2009. Study on Assessment Criteria for Media Literacy Levels: a comprehensive view of the concept of media literacy and an understanding of how media literacy levels in Europe should be assessed. Brussels (BE): European Association for Viewers’ Interests.
Hapsari DT, Rosdiana H, Setiadarma A. 2021. Literasi media digital di kalangan ibu-ibu kelompok Aisyiyah, Petukangan Utara, Jakarta Selatan. Jurnal pengabdian masyarakat. 1(2):51-62. http://ejournal.pskp.or.id/index.php/jpm/article/view/14
Kawamorita H, Takahashi N, Demiryurek K. 2020. Media Literacy and Rural Women Entrepreneurship : Experience from Japan and Turkey. Nord J Media Manag. 3(1):361–383. doi:10.5278/njmm.2597-0445.5898
[KIC, Kominfo] Katadata Insight Center, Kementerian Komunikasi dan Informatika. 2020. Status literasi digital Indonesia: Survei di 34 Propinsi November 2020. Internet. Tersedia pada: https://aptika.kominfo.go.id/wp-content/uploads/2020/11/Survei-Literasi-Digital-Indonesia-2020.pdf
[Kominfo, Siberkreasi, Deloitte] Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Siberkreasi, Deloitte. 2021. Roadmap Literasi Digital 2020-2024. Internet. Tersedia pada :https://drive.google.com/file/d/100CG6sxdcAYsBDJhAwFjNkwETn0_8AgD/view
Lestari S, Kurnianingsih I, Wardiyono. 2018. Pengukuran Kemampuan Literasi Digital Orang Tua Menggunakan Instant Digital Competence Assessment (Instant DCA). Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi. 3(2):91-108. Doi: 10.33476/bibliotech.v3i2.598
Mulqi A. 2020. Hubungan karakteristik individu dan literasi media dalam pemanfaatan media sosial di kalangan remaja. [skripsi]. Bogor: Institut Pertanian Bogor.
Novianti D, Fatonah S. 2019.Literasi Media Digital di Lingkungan Ibu-Ibu Rumah Tangga di Yogyakarta. Jurnal Ilmu Komunikasi. 16(1):1-14. Doi: 10.31315/jik.v16i1.2678
Rahayu IRS, Pratama AM. 2023 Mar 8. Ibu-ibu paling banyak kena penipuan online, BCA ungkap penyebabnya. Kompas.com. [diakses 14 Desember 2023]. https://money.kompas.com/read/2023/03/08/164000926/ibu-ibu-paling-banyak-kena-penipuan-online-bca-ungkap-penyebabnya
Articles published in Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the title of the work, journal citation, link to the DOI, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
By publishing in Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.