ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PEMASARAN WISATA KAMPUNG BUDAYA SINDANGBARANG

  • Shofa Maghfirah IPB University
  • Sumardjo
Abstract views: 371 , PDF downloads: 364
Keywords: Komunikasi, Kampung Budaya Sindangbarang, Strategi Pemasaran

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu bentuk dari pengembangan yang dapat menghasilkan pertumbuhan ekonomi disertai pertumbuhan Kawasan di suatu tempat, di kota maupun di desa. Pengembangan pariwisata desa telah banyak difasilitasi oleh negara, namun ternyata masyarakat cenderung pasif. Akibatkan kapasitas lokal di dalam merespon inovasi yang disponsori oleh negara melalui pembangunan desa wisata masih menghadapi sejumlah persoalan krusial. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang tepat digunakan untuk wisata Kampung Budaya Sindangbarang.  Kajian ini dipilih lokasi penelitian Kampung Budaya Sindangbarang, yang  dinilai potensial sebagai lokasi wisata budaya di Bogor. Penelitian ini dilakukan dengan metode sensus dengan responden yang merupakan pengelola dari wisata Kampung Budaya Sindangbarang dan didukung oleh data kualitatif yaitu dengan metode wawancara mendalam yang diajukan kepada beberapa pemangku kepentingan terkait dengan penelitian ini. Penelitian ini diambil dari sudut pandang atau persepsi pengelola tetap sebagai responden. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa konsumen dari Kampung Budaya Sindangbarang merupakan masyarakat dalam rentang usia anak-anak dan remaja. Hubungan bauran pemasaran yang dilakukan oleh pengelola Kampung Budaya Sindangbarang dengan manfaat wisata yang didapatkan oleh desa bersifat kuat, diindikasikan dari meningkatnya pendapatan dan terbukanya peluang usaha bagi masyarakat desa

Kata kunci: Komunikasi, Kampung Budaya Sindangbarang, Strategi Pemasaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

[UU] Undang Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan.
[UU] Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.
Antara M, Arida S. 2015. Panduan Pengelolaan Desa Wisata Berbasis Potensi Lokal. Bali (ID): Universitas Udayana
Damanik J. 2009. Isu-Isu Krusial dalam Pengelolaan Desa Wisata Dewasa Ini. Jurnal kepariwisataan Indonesia. 5 (3): 127-137
Doembana I, Rahmat A, Farhan M. 2017. Buku Ajar: Manajemen dan Strategi Komunikasi Pemasaran. Yogyakarta (ID): Zahir Publishing
Joshi, Paresh. 2012. “A Stakeholder Networking for Sustainable Rural Tourism Development in Konkan Region of Maharashtra State (India)” Reseach Paper. Narayangaon: Vol.1, Issue. IX. College of Economics and Agricultural Marketing.
Kotler, P. 2004. “Lateral Marketing: Berbagai Teknik Baru untuk Mendapatkan Ide-Ide Terobosan”. Terj. Oleh Emil Salim dari buku Lateral Marketing New Techniques for Finding Breakthrough Ideas. Surabaya: Erlangga.
Kotler, P. Armstrong G. 2009. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid I. Jakarta: Erlangga.
Riduwan. 2008. Metode & Teknik Menyusun Tesis. Bandung (ID): Alfabeta
Wall M, Wall G. 1982. Tourism Economy Physical and Social Impact. New York (US): Longman Group
Widyastuti S. 2017. Manajemen Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta (ID): Universitas Pancasila
Wulan T, Khadiyanto P. 2013. Identifikasi potensi dan masalah Desa Wonosoco dalam upaya pengembangan sebagai desa wisata di Kabupaten Kudus. Jurnal Ruang. 1(1): 81-90. [Internet]. (diakses pada 4 Juli 2020). Dapat diunduh pada: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/ruang/article/view/2877
Published
2022-01-20
How to Cite
MaghfirahS., & Sumardjo. (2022). ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PEMASARAN WISATA KAMPUNG BUDAYA SINDANGBARANG. Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM], 5(6), 827-836. https://doi.org/10.29244/jskpm.v5i06.921
Section
Original Research Articles