Persepsi tentang Logo Aneka Cemilan Kelompok Wanita Tani “Si Putri” Desa Godog, Sukoharjo
Abstract
Logo pada sebuah produk menjadi salah satu bentuk sarana komunikasi pemasaran, sehingga perlu dirancang sebaik-baiknya agar dapat meningkatkan penjualan produknya. Penelitian ini bertujuan mengkaji persepsi mahasiswa tentang logo dari produk makanan ringan KWT “Putri Langgeng” Desa Godog Kabupaten Sukoharjo yang akan mulai dipasarkan. Bentuk logonya berupa lingkaran dibagi menjadi dua bagian (warna putih di bagian atas dan pink di bagian bawah) dengan gambar seorang koki perempuan yang tersenyum sambil mengacungkan jempol. Responden penelitiannya adalah 54 orang mahasiswa yang merespons kuesioner yang dibuat menggunakan aplikasi google form. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan statistik deskriptif berupa tabel frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebanyakan responden menganggap logo tersebut telah cukup bagus dilihat dari aspek warna, huruf, gambar, kejelasan informasi, kesesuaian antara nama produk dengan gambar dan warna, bentuk logo, keseimbangan tata letak, pemunculan minat beli serta orisionalitas. Bahkan, dari aspek pemilihan huruf dan bentuk, kesesuaian tata letak serta kesesuaian antara nama produk dengan gambar sudah dianggap bagus oleh hampir separuh responden. Dari hasil ini disarankan agar logo ini dapat digunakan sebagai identitas produk makanan ringan KWT Putri Langgeng Desa Godog.
Downloads
References
Al, C. (1982). World of Logotype (Annual). New York: Art Direction Book Company.
Alfia, F. Z. (2012). Hubungan Desain Kemasan Chocodot dengan Minat Beli Konsumen. IPB University.
BPS Kabupaten Sukoharjo. Kecamatan Polokarto dalam Angka 2023.
Creativany, M. A., Udayana, A. G. B., & Remawa, A. A. G. R. (2020). Kajian Estetika, Fungsi Dan Makna Logo Sukla Satyagraha Di Denpasar. Prabangkara: Jurnal Seni Rupa dan Desain, 24(2), 64-72.
Diah, L. S. (2014). Analisis Semiotika Logo Ades. Journal Ilmu Komunikasi,3(2)
Fatchiya, Anna, Puspita, D.R. (2023). "Peningkatan Nilai Ekonomi Produk Olahan Pertanian Melalui Pengemasan dan Pemasaran Online." Laporan Kegiatan Dosen Mengabdi Inovasi. Tidak dipublikasikan.
Firmansyah, M.A & SE, M. (2020). Komunikasi Pemasaran. Penerbit: Qiara Media
Handayani, F., & Nuzuli, A. K. (2021). Analisis Semiotika Logo Dagadu. Ishlah. Jurnal Ilmu UshuluddinAdab Dan Dakwah, 3(1), 58–72.
Henderson, P. W. (2003). Building Strong Brands in Asia: Selecting the Visual Components of Image to Maximize Brand Strength. International Journal of Research in Marketing, 20, 297–313. http://el.media.mit.edu/Logofound
Januariyansah, S. (2018). Analisis Desain Logo Berdasarkan Teori: Efektif Dan Efisien. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (13th ed., Vol. 13). Erlangga.
Kumarga, M. F. E. (2023). Persepsi, dan Perilaku Konsumen terhadap Logo Pilihan Lebih Sehat pada Produk Mi Instan. IPB University.
Kusrianto, A. (2007). Pengantar desain komunikasi visual. Yogyakarta: CV Andi.
Listya, A., & Dawami, A. K. (2018). Perancangan Logo Organisasi Forum Komunikasi Masyarakat Peduli Difabel (FKMPD) Klaten. Jurnal Desain, 5(02), 61-73.
Murphy, J. M., & Rowe, M. (1988). How to design trade marks and logos. (No Title).
Passion Design. (t.t). Menilai Efektivitas Sebuah Desain. https://passiondesigns.co.id/faktor-penting-untuk-menilai-efektivitas-sebuah-logo-bisnis/
Permatasari, M. K. (2014). Efektivitas Merek dan Desain Kemasan dalam Membentuk Citra Produk di Serambi Botani. Botani Square.
Ratranto, F. X. R. W., Rahmat, A., & Setianti, Y. (2012). Simbolisasi Logo Maicih „For Icihers With Love. E-Jurnal Mahasiswa Universitas Padjadjaran, 1(1), 1-18.
Ritonga, S. B. P., Wardana, K. A., Iswahyudi, A., & Rahmawaty, D. (2023). PERANCANGAN VISUAL GRAPHIC STANDARD MANUAL UNTUK LOGO VARION FARM. Jurnal Desain-Kajian Bidang Penelitian Desain, 3(1), 444-453.
Samara, T. PDW: publication design workbook: a real-world design guide. (No Title).
Sumbing, A., & Jusilin, H. (2019). Reka Bentuk Logo Sekolah Menengah Kebangsaan Bandaraya Kota Kinabalu: Analisis Ikonografi Erwin Panofsky. Gendang Alam, 63–83.
Tandio, E., Adib, A., & Suhartono, A. W. (2013). Perancangan logo dan desain kemasan untuk Dhisti Cookies sebagai camilan di Kota Solo. Jurnal DKV Adiwarna, 1(2), 10.
Tjiptono, F. (1997). Strategi Pemasaran, Edisi 1, Penerbit Andi.
Van den Bosch, A. L., De Jong, M. D., & Elving, W. J. (2006). Managing corporate visual identity: Exploring the differences between manufacturing and service, and profit-making and nonprofit organizations. The Journal of Business Communication (1973), 43(2), 138-157.
Wahdaniah, I., Toni, A., & Ritonga, R. (2020). Makna Logo Dinas Penerangan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut. Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 3(01), 67–74.
Wahyudi, T., & Setiawan, K. (2017). Perbandingan Metode Kreatif: Mind Mapping, Morfologi dan Moodboard. Jurnal VISUAL, 13(1).
Articles published in Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the title of the work, journal citation, link to the DOI, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
By publishing in Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.