Efektivitas Promosi Produk Olahan Pertanian Sirup Jamu Rempah Karsa melalui Media Sosial Instagram
Abstract
Perkembangan teknologi yang begitu pesat membuat promosi dapat dilakukan melalui media sosial. Salah satu UMKM produk olahan pertanian yang sedang mengembangkan promosinya melalui media sosial Instagram adalah UMKM “Rempah Karsa”. Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas promosi produk olahan pertanian melalui media sosial Instagram. Produk yang diteliti adalah sirup jamu. Efektivitas promosi pada penelitian ini menggunakan pendekatan model AISAS (Attention, Interest, Search, Action dan Share). Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif yang didukung oleh data kualitatif dengan metode wawancara mendalam dan studi literatur. Pemilihan responden dan informan pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan promosi yang dilakukan oleh Rempah Karsa untuk produk sirup jamu melalui media sosial Instagram efektif untuk menstimulasi perhatian responden, membuat responden tertarik dan mencari informasi mengenai produk sirup jamu.
Downloads
References
[APJII]. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. Laporan Survei Internet APJII 2019 –2020 (Q2). [internet]. [diunduh pada 2022 Feb 10]. Dikutip dari: https://apjii.or.id/downfile/file/BULETINAPJIIEDISI74November2020.pdf.
Ardianto, E., Lukiati, K., & Siti, K. 2014. Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Bayne, K.S., & Cianfrone, B.A. 2002. The Effectiveness of Social Media Marketing: The Impact of Facebook Status Updates on a Campus Recreation Event. Recreational Sports Journal. [internet].[diunduh pada 2022 Mar 20]. Dikutip dari: https://journals.sagepub.com/doi/10.1123/rsj.37.2.147.
Durianto, D., & Liana. 2003. Invasi Pasar Dengan Iklan Yang Efektf. Jakarta:Erlangga.
Effendi, S., & Tukiran. 2012. Metode Penelitian Survei. Jakarta (ID): LP3ES.
Faridah, D., Yasni, S., Suswantinah, A., & Aryani, G. 2013. Pencirian Mutu Kimiawi dan Mikrobiologis Produk Bandrek Instan dan Sirup Buah Pala (Myristica fragrans). Jurnal Ilmu Pertanian. [internet]. [diunduh pada 2022 Mar 20]; 18 (1): 43-48. Dikutip dari : https://repository.ipb.ac.id/bitstream/handle/123456789/69698/Jurnal%20Ilmu%20Pertanian%20Vol%2018%20No%201%202013%20Pencirian.pdf?sequence=1&isAllowed=y.
Hidayat, I., & Supartoko, B. 2017. Agribisnis Tanaman Obat dan Penerapan Good Agricultural Practice di PT. Sido Muncul. E- proceeding. [internet]. [diunduh pada 2022 Mar 19]. Dikutip dari: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnastan/article/download/2254/1868.
Horrigan, J.B. 2000. New Internet Users: What They Do Online, What They Don’t, and Implications for the Net’s Future. [diakses tanggal 7 Januari 2022]. Dikutip dari: www.pewinternet.org/pdfs/New_User_Report.pdf.
Jayanti, S., & Nelisa, M. 2012. Perancangan Web sebagai Media Promosi Koleksi Naskah Kuno Minangkabau di Museum Adityawarman Sumatera Barat. Jurnal Ilmu Informasi Perpustkaan dan Kearsipan. [internet]. [diunduh pada: 2022 Mar 20]; 1(1). Dikutip dari: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/iipk/article/view/1512.
Juliaristanti, V., Ramdan, A.M., & Jhoansyah, D. 2020. Analisis Karakteristik Followers Dan Konten Iklan Dalam Mengukur Efektivitas Instagram Stories Advertisement Pada Produk Kosmetik Wardah. Jurnal Syntax Idea. [internet]. [diunduh pada 2022 Feb 21];2(8). Dikutip dari: https://jurnal.syntax-idea.co.id/index.php/syntax-idea/article/view/502
Kotler, P. 2003. Konsep yang Harus Dipahami Setiap Manajer (Alih bahasa dari Bahasa Inggris). Jakarta (ID): Erlangga. [Judul asli: Marketing Insight From A to Z]. 221 hal.
Kotler, P., & Keller, K.L. 2012. Manajemen Pemasaran. (Edisi 12). Jakarta (ID): Erlangga
Kurniasari. 2018. Efektivitas website sebagai media komunikasi pemasaran desa wisata. [skripsi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.
Mawardika, H., & Istiqomah, N. 2021. Peningkatan Imunitas Tubuh Melalui Konsumsi Jamu di Era Pandemi Covid-19. Journal of Community Engagement and Employment.
Morissan. 2010. Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta [ID]: Kencana Preda Media Group.
Munawwaroh, P.R.2018. Pengaruh Terpaan Media Pada Akun Instagram @Exploresiak Terhadap Minat Kunjungan Wisata Ke Siak Sri Indrapura. Jom Fisip. [internet]. [diunduh pada 2022 Feb 20]. Dikutip dari: : https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/article/view/16646
Nasrullah, R. 2015. Media Sosial (Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi). Bandung (ID): Simbiosa Rekatama Media.
Oktaviani, W.F. 2018. Efektivitas Penggunaan Media Sosial Sebagai Media Promosi Wisata Umbul Ponggok, Kabupaten Klaten. [skripsi]. Bogor [ID]: Institut Pertanian Bogor.
Paraiyanie, M. 2018. Efektivitas line sebagai media promosi produk olahan pertanian. [skripsi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor
Putri, R. 2019. Efektivitas Instagram Sebagai Media Promosi Produk Pangan Olahan Perikanan “Clipss Chips. Skripsi. [internet]. [Diunduh pada 2022 Feb 10]. Dikutip dari: https://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/103627
Sugiyama, K., & Andree, T. 2011. The Dentsu Way: Secrets of cross switch marketing from the worlds most innovative advertising agency. New York, NY: McGraw-Hill.
Sulianta, F. 2014. 101 Jurus Promosi Online Paling Top. Jakarta [ID]: Elex Media Komputindo.
Sumarwan, U. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Edisi Kedua. Bogor [ID]: Ghalia Indonesia.
Surya, & Yuyun, W.I. 2002. Pola Konsumsi dan Pengaruh Internet sebagai Media Komunikasi Interaktif pada Remaja (Studi Analisis Persepsi pada Remaja di Kotamadya Surabaya). Surabaya: Lembaga Penelitian Universitas Airlangga
Susanti, A.F., & Safitri, D. 2021. Dismilaritas Kecanduan Pemakaian Media Sosial Generasi Y dan Generasi Z. Jurnal Edukasi IPS. [internet]. [diunduh pada 2022 Ags 08]. Dikutip dari: http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/eips/article/view/23181/11190
Susanti, S., Erwina, W., & Putri, T. 2020. Pesan Promosi Program Televisi Dalam Akun Twitter @Netmediatama. Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi. [internet]. [diunduh pada 2022 Mar 20];20(1). Dikutip dari: https://journals.ums.ac.id/index.php/komuniti/article/view/9634
Tasruddin, R. 2017. Tren Periklanan di Media Sosial. Jurnal Komodifikasi. [internet]. [diunduh pada 2022 Mar 20]. Dikutip dari: https://journal.uinalauddin.ac.id/index.php/Komodifikasi/article/view/5504
Tjiptono, F. 2008. Strategi Pemasaran. Ed ke-3. Yogyakarta (ID): CV Andi Offset
Udayana, G.B. 2011. Peran Agroindustri dalam Pembangunan Pertanian. Singhadwala, Edisi 44, Februari 2011. [internet]. [diunduh pada 2022 Mar 19]. Dikutip dari: https://repository.warmadewa.ac.id/id/eprint/29/1/18-37-1-PB.pdf
Wirawan, F.W., & Hapsari, P.D. 2016. Analisis AISAS model terhadap product placement dalam film Indonesia (studi kasus: brand kuliner di film ada apa dengan cinta 2. Rekam: Jurnal Fotografi, Televisi, Animasi. [internet]. [diunduh pada 2022 Feb 10];12(2):69-81. Doi: https://doi.org/10.24821/rekam.v12i2.1424
Articles published in Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the title of the work, journal citation, link to the DOI, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
By publishing in Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.