Pengaruh Media Sosial Instragram Terhadap Keputusan Berkunjung di Kopi Taji Lereng Bromo

  • Nafis Nuriz Zakiyah Politeknik Pembangunan Pertanian Malang
  • Gunawan Politeknik Pembangunan Pertanian Malang
  • Ugik Romadi Politeknik Pembangunan Pertanian Malang
Abstract views: 2844 , PDF downloads: 1888
Keywords: Instagram, Keputusan Berkunjung, Media Sosial

Abstract

Fenomena media sosial merupakan dampak dari berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, dengan membawa perubahan cara berkomunikasi dari konvensional menjadi modern yang serba digital.  Media sosial memungkinkan pengguna mempresentasikan dirinya seperti berinteraksi, bekerja sama, berbagi dan berkomunikasi dengan penguna lain yang membentuk ikatan secara virtual sehingga mampu mempengaruhi seseorang dalam mengambil suatu keputusan. Penelitian ini dilakukan di Kopi Taji Lereng Bromo Desa Taji Kecamatan Jabung Kabupaten Malang pada bulan Maret – April 2021. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh dari media sosial Instagram terhadap keputusan pengunjung yang datang ke Kopi Taji Lereng Bromo. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan cara menyebar kuesioner pada pengunjung. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Accidental Sampling pada pengunjung yang datang selama penelitian. Hasil analisis menunjukkan bahwa Media Sosial Instagram (X) memiliki pengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Berkunjung (Y). Tulisan ini menyimpulkan bahwa seseorang dalam mengambil suatu keputusan untuk berkunjung juga dipengaruhi oleh penyebaran informasi melalui media sosial Instagram.

Kata kunci: Instagram, Keputusan Berkunjung, Media Sosial

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adenia, N. (2019). Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen Secara Offline Pada Toko Rr Stuff Di Bengkulu (Studi Kasus Mahasiswa Febi) (Vol. 1, Nomor 1).
Atmoko, B. D. (2012). Instagram Handbook. Jakarta: Media Kita.
Buchory Herry Acmad Dan Saladin Djaslim. (2010). Pengaruh People , Physical Evidence , Product , Promotion , Price Dan Place Terhadap Tingkat Kunjungan Di Kafe Coffee Cozies Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 1(2).
Chris Heuer Dalam Solis. (2010). Engage: The Complete Guide For Brands And Businesses To Build, Cultivate, And Measure Success In The New Web. Canada: New Jersey.
Diyatma, A. J. (2017). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Saka Bistro & Bar. E-Proceding Of Management, 4(1).
Fatanti, M. N., & Suyadnya, I. W. (2015). Beyond User Gaze: How Instagram Creates Tourism Destination Brand? Procedia - Social And Behavioral Sciences, 211(September), 1089–1095. Https://Doi.Org/10.1016/J.Sbspro.2015.11.145
Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi,Tesis Dan Disertasi Ilmu Manajemen. Edisi Kelima. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss. Yogyakarta. In Universitas Diponegoro Yogyakarta.
Giri Maulana Arief, H. M. (2015). Pengaruh Social Media Marketing Melalui Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen Sugar Tribe. E-Proceeding Of Management, 2(3).
Hartono, R., Arifin, R., & Hufron, M. (2016). Pengaruh Strategi Promosi Sosial Media (Instagram) Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Kuliner Mbok Taya. E – Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen, 167–184.
Indika, D. R., & Jovita, C. (2017). Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis Terapan, 1(01). Https://Doi.Org/10.24123/Jbt.V1i01.296
Kaplan, Andres Dan Haenlein, M. (2010). User Of The World, Unite! The Challenges And Opportunities Of Social Media. In Business Horizons.
Kotler, P, Keller, K. L., & Manceau, D. (2016). Marketing Management, 15e Édition. In New Jersy: Pearson Education.
Kotler, Philip, & Armstrong, G. (2018). Principles Of Marketing 17th Global Edition. In Pearson Education Limited.
Kurniawati, W. D. N. (2017). Pemanfaatan Instagram Oleh Komunitas Wisata Grobogan Dalam Mempromosikan Potensi Pariwisata Daerah. Komuniti : Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 8(5), 127–143. Https://Doi.Org/10.23917/Komuniti.V8i5.2943
Lininati, E. (2019). Pengaruh Promosi Melalui Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Di Food Court. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 2(2), 97–103. Https://Doi.Org/10.24912/Jmbk.V2i2.4834
Lubiana Mileva Dan Achmad Fauzi Dh. (2018). Pengaruh Social Media Marketing. Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis (Jab), 58.
Lusardi, A., Dan Mitchell, O. S. (2011). Financial Literacy Around The World: An Overview. Journal Of Pension Economics And Finance, 10 (4), 497–508.
Muhammad Mas’udin Dan Yuliawati. (2020). Pengaruh Dimensi Social Media Marketing Melalui Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Sayur Organik Di Po Sayur Organik Merbabu (Som). 4.
Nasrullah, R. (2016). Media Sosial : Perspektif Komunikasi, Budaya, Dan Sositeknologi (2 Ed.). Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Putri, C. P. R. (2011). Analisis Faktor Pengaruh Promosi Berbasis Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Dalam Bidang Kuliner. Universitas Dipenogoro.
Romadi, U., Gunawan, & Pramita, Y. (2021). Development Of Sustainable Agrotourism Based On Social Capital In Tourism-Aware Community Groups In Pujonkidul Village , Pujon District , Malang Regency , East. 18(5), 328–342.
Sugiyono, D. (2018). Metode Penelitian Kuatintatif , Kualitatif Dan R & D / Sugiyono. In Bandung: Alfabeta.
We Are Social. (2021). Digital 2021: The Latest Insights Into The “State Of Digital.” In Wearesocial (Nomor January).
We Are Social & Hootsuite. (2020). Digital 2020: Indonesia. In Data Reportal. Https://Datareportal.Com/Reports/Digital-2020-Indonesia
Published
2022-03-17
How to Cite
Nafis Nuriz Zakiyah, Gunawan, & Ugik Romadi. (2022). Pengaruh Media Sosial Instragram Terhadap Keputusan Berkunjung di Kopi Taji Lereng Bromo. Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM], 6(1), 145-156. https://doi.org/10.29244/jskpm.v6i1.970
Section
Articles