Pengaruh Media Sosial Instragram Terhadap Keputusan Berkunjung di Kopi Taji Lereng Bromo
Abstract
Fenomena media sosial merupakan dampak dari berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, dengan membawa perubahan cara berkomunikasi dari konvensional menjadi modern yang serba digital. Media sosial memungkinkan pengguna mempresentasikan dirinya seperti berinteraksi, bekerja sama, berbagi dan berkomunikasi dengan penguna lain yang membentuk ikatan secara virtual sehingga mampu mempengaruhi seseorang dalam mengambil suatu keputusan. Penelitian ini dilakukan di Kopi Taji Lereng Bromo Desa Taji Kecamatan Jabung Kabupaten Malang pada bulan Maret – April 2021. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh dari media sosial Instagram terhadap keputusan pengunjung yang datang ke Kopi Taji Lereng Bromo. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan cara menyebar kuesioner pada pengunjung. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Accidental Sampling pada pengunjung yang datang selama penelitian. Hasil analisis menunjukkan bahwa Media Sosial Instagram (X) memiliki pengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Berkunjung (Y). Tulisan ini menyimpulkan bahwa seseorang dalam mengambil suatu keputusan untuk berkunjung juga dipengaruhi oleh penyebaran informasi melalui media sosial Instagram.
Kata kunci: Instagram, Keputusan Berkunjung, Media Sosial
Downloads
References
Atmoko, B. D. (2012). Instagram Handbook. Jakarta: Media Kita.
Buchory Herry Acmad Dan Saladin Djaslim. (2010). Pengaruh People , Physical Evidence , Product , Promotion , Price Dan Place Terhadap Tingkat Kunjungan Di Kafe Coffee Cozies Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 1(2).
Chris Heuer Dalam Solis. (2010). Engage: The Complete Guide For Brands And Businesses To Build, Cultivate, And Measure Success In The New Web. Canada: New Jersey.
Diyatma, A. J. (2017). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Saka Bistro & Bar. E-Proceding Of Management, 4(1).
Fatanti, M. N., & Suyadnya, I. W. (2015). Beyond User Gaze: How Instagram Creates Tourism Destination Brand? Procedia - Social And Behavioral Sciences, 211(September), 1089–1095. Https://Doi.Org/10.1016/J.Sbspro.2015.11.145
Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi,Tesis Dan Disertasi Ilmu Manajemen. Edisi Kelima. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss. Yogyakarta. In Universitas Diponegoro Yogyakarta.
Giri Maulana Arief, H. M. (2015). Pengaruh Social Media Marketing Melalui Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen Sugar Tribe. E-Proceeding Of Management, 2(3).
Hartono, R., Arifin, R., & Hufron, M. (2016). Pengaruh Strategi Promosi Sosial Media (Instagram) Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Kuliner Mbok Taya. E – Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen, 167–184.
Indika, D. R., & Jovita, C. (2017). Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis Terapan, 1(01). Https://Doi.Org/10.24123/Jbt.V1i01.296
Kaplan, Andres Dan Haenlein, M. (2010). User Of The World, Unite! The Challenges And Opportunities Of Social Media. In Business Horizons.
Kotler, P, Keller, K. L., & Manceau, D. (2016). Marketing Management, 15e Édition. In New Jersy: Pearson Education.
Kotler, Philip, & Armstrong, G. (2018). Principles Of Marketing 17th Global Edition. In Pearson Education Limited.
Kurniawati, W. D. N. (2017). Pemanfaatan Instagram Oleh Komunitas Wisata Grobogan Dalam Mempromosikan Potensi Pariwisata Daerah. Komuniti : Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 8(5), 127–143. Https://Doi.Org/10.23917/Komuniti.V8i5.2943
Lininati, E. (2019). Pengaruh Promosi Melalui Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Di Food Court. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 2(2), 97–103. Https://Doi.Org/10.24912/Jmbk.V2i2.4834
Lubiana Mileva Dan Achmad Fauzi Dh. (2018). Pengaruh Social Media Marketing. Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis (Jab), 58.
Lusardi, A., Dan Mitchell, O. S. (2011). Financial Literacy Around The World: An Overview. Journal Of Pension Economics And Finance, 10 (4), 497–508.
Muhammad Mas’udin Dan Yuliawati. (2020). Pengaruh Dimensi Social Media Marketing Melalui Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Sayur Organik Di Po Sayur Organik Merbabu (Som). 4.
Nasrullah, R. (2016). Media Sosial : Perspektif Komunikasi, Budaya, Dan Sositeknologi (2 Ed.). Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Putri, C. P. R. (2011). Analisis Faktor Pengaruh Promosi Berbasis Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Dalam Bidang Kuliner. Universitas Dipenogoro.
Romadi, U., Gunawan, & Pramita, Y. (2021). Development Of Sustainable Agrotourism Based On Social Capital In Tourism-Aware Community Groups In Pujonkidul Village , Pujon District , Malang Regency , East. 18(5), 328–342.
Sugiyono, D. (2018). Metode Penelitian Kuatintatif , Kualitatif Dan R & D / Sugiyono. In Bandung: Alfabeta.
We Are Social. (2021). Digital 2021: The Latest Insights Into The “State Of Digital.” In Wearesocial (Nomor January).
We Are Social & Hootsuite. (2020). Digital 2020: Indonesia. In Data Reportal. Https://Datareportal.Com/Reports/Digital-2020-Indonesia
Articles published in Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the title of the work, journal citation, link to the DOI, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
By publishing in Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.