Efektivitas Instagram sebagai Media Komunikasi Pemasaran Produk Pangan Olahan Hasil Perikanan UMKM Si Petek
Abstract
Produk pangan olahan hasil perikanan UMKM Si Petek memiliki nilai jual dan memerlukan sebuah kegiatan komunikasi pemasaran, salah satunya dilakukan melalui media sosial instagram. Tujuan penelitian ini yakni menganalisis efektivitas instagram sebagai media komunikasi pemasaran produk pangan olahan perikanan UMKM Si Petek. Responden penelitian ini berjumlah 45 orang yakni pelanggan Si Petek yang ditentukan melalui non probability sampling. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu karakteristik responden (umur, jenis kelamin, jenis pekerjaan, pendidikan, pendapatan, dan domisili) serta karakteristik pesan media sosial instagram (kelengkapan informasi, kejelasan informasi, desain visual, tipografi, dan frekuensi pengiriman pesan). Untuk mengukur efektivitas media sosial instagram @sipetek.id menggunakan EPIC model (empathy, persuasion, impact, dan communication). Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan nyata antara pendapatan dengan kelengkapan informasi. Selain itu, dimensi empati dapat memengaruhi frekuensi pengiriman pesan, dimensi persuasi hanya mampu memengaruhi tipografi, dimensi dampak mampu memengaruhi umur, frekuensi pengiriman pesan, dan tipografi, serta dimensi efektivitas komunikasi dapat memengaruhi umur dan tipografi.
Downloads
References
Adhanisa C, Fatchiya A. 2017. Efektivitas Website Dan Instagram Sebagai Sarana Promosi Kawasan Wisata Berbasis Masyarakat. J Sains Komun dan Pengemb Masy. 1(4):451–466.
Anggraini S. 2013. Efektivitas Strategi Promosi dalam Pemasaran Beras Organik Nusantara di bawah Komunitas Sehat Organik. J Teknol. 1(1):69–73. https://doi.org/10.11113/jt.v56.60.
Anwar F. 2017. Perubahan dan Permasalahan Media Sosial. J Muara Ilmu Sos Humaniora, dan Seni. 1(1):137. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v1i1.343.
APJII. 2016. Buletin APJII: Memeratakan Akses Internet Di Negara Kepulauan. Bul APJII.:1.
______. 2018. Laporan Survei Penetrasi & Profil Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2018. Tersedia pada: www.apjiii.or.id/content/read/39/410/hasil-survei-penetrasi-dan-perilaku-pengguna-internet-indonesia-2018 .
Arief AB. 2018. Analisis Rencana Bisnis pada Usaha Café (Studi pada Warkop Brewok di Jl. Kedawung, Malang). Clim Chang 2013 - Phys Sci Basis. 7(1):1–30. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.
Badan Pusat Statistik. 2020. PDB Indonesia Triwulanan 2016-2020. 071302002.:98.
Cepakarani G. 2016. Pengaruh program tayangan kontes dangdut D'Academy di televisi swasta dengan minat siswa non dangdut Sekolah Musik ADSOR Purnomo Semarang pada musik dangdut. Jurnal The Messanger. 7(2): 1-8. Tersedia pada: https://journals.usm.ac.id/index.php/the-messenger/article/view/291.
Durianto, Darmadi, Sugiarto, Sitinjak T. 2003. Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta (ID): Gramedia Pustaka Utama.
Effendi S, Tukiran. 2012. Metode Penelitian Survei. Jakarta [ID]: LP3S.
[Kemenkes] Kementerian Kesehatan. 2018. Data komposisi pangan Indonesia. Tersedia pada: https://www. panganku.org/id-ID/view.
[Kemenperin] Kementeran Perindustrian. 2021. Pasok kebutuhan pangan selama pandemi, kontribusi industri mamin meroket. Tersedia pada: https://kemenperin.go.id/artikel/22682/Pasok-Kebutuhan-Pangan-Selama-Pandemi,-Kontribusi-Industri-Mamin-Meroket.
Kennedy JE, Soesmanegara RD. 2009. Marketing Communication: Taktik & Strategi. Jakarta (ID): PT. Bhuana Ilmu Populer.
Khairani Z, Soviyant E, Aznuriyandi. 2018. Efektivitas promosi melalui instagram pada UMKM sektor makanan dan minuman di Kota Pekanbaru. Jurnal Benefita. 3(2): 239-247. Tersedia pada: http://ejournal.lldikti10.id/index.php/benefita/article/view/2738/972.
[KKP] Kementerian Kelautan dan Perikanan. 2019. Jumlah Angka Konsumsi Ikan (AKI). Tersedia pada: https://statistik.kkp.go.id/home.php?m=aki&i=209#panel-footer.
Kotler P, Armstrong G. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi ke-12. Edisi 12. Jakarta (ID): Penerbit Erlangga.
Kotler P, Keller KL. 2012. Marketing Management 14th edition. Edisi 14. New Jersey (US): Pearson.
Lestari DP. 2015. Analisis strategi internet marketing butik online di Surabaya melalui instagram. Commonline Departemen Komunikasi. 4(2): 412-424. Tersedia pada: http://www.journal.unair.ac.id/download-fullpapers-comm9a2319f766full.pdf.
Limilia P, Prasanti D. 2016. Representasi ibu bekerja vs ibu rumah tangga di media online: analisis wacana pada situs kompasiana.com. Jurnal Ilmiah Kajian Gender. 6(2): 133-154. Tersedia pada: http://kafaah.org/index.php/kafaah/article/view/140/106#.
Mongi L, Mananeke L, Repi A. 2013. Kualitas Produk, Strategi Promosi dan Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Simpati Telkomsel di Kota Manado. J EMBA. 1(4):2336–2346. https://doi.org/10.1055/s-0032-1328522.
Oktaviani WF, Fatchiya A. 2019. Efektivitas Penggunaan Media Sosial sebagai Media Promosi Wisata Umbul Ponggok, Kabupaten Klaten. J Komun Pembang. 17(1):13–27. https://doi.org/10.46937/17201926586.
Pusat Studi Pangan dan Gizi Universitas Gadjah Mada. 2020. Tantangan dan tren pola konsumsi masyarakat di Indonesia berubah?. Tersedia pada: https://cfns.ugm.ac.id/2020/10/06/tantangan-dan-tren-makanan-di-indonesia-berubah/.
Rezki MA, Hapsari DR. 2019. Efektivitas Strategi Promosi Produk Kopi Lokal Di Rumah Kopi Ranin. J Komun Pembang. 17(1):38–54. https://doi.org/10.29244/jurnalkmp.17.1.38-54.
Sumarwan U. 2003. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta (ID): Ghalia Indonesia.
Triharyuni S, Utama AA, Zulfia N, Sulaiman S. 2017. Komposisi , Sebaran Ukuran Dan Hubungan Panjang-Berat Beberapa Jenis Ikan Petek ( Leiognathidae ) Di Teluk Jakarta. BAWAL. 9(2):75–83.
Tuwu D. 2018. Peran pekerja perempuan dalam memenuhi ekonomi keluarga: dari peran domestik menuju sektor publik. Jurnal Hasil-Hasil Penelitian. 13(1): 63-76. Tersedia pada: https://ejournal.iainkendari.ac.id/al-izzah/article/view/872.
Articles published in Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the title of the work, journal citation, link to the DOI, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
By publishing in Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.