EFEKTIVITAS KOMUNIKASI PEMASARAN UMKM KOPI DI ERA PANDEMI COVID-19
Abstract
Tingkat konsumsi kopi dalam negeri cukup tinggi dan meningkat secara signifikan, sehingga sektor hilir semakin bertumbuh dan berkembang seperti UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) yang bergerak dalam komoditas kopi. Pandemi Covid-19 telah menimbulkan berbagai masalah bahkan kerugian bagi UMKM, sehingga komunikasi pemasaran terpadu yang efektif sangat diperlukan supaya UMKM dapat bertahan dan berkembang. Penelitian yang dilakukan di Kopi Sisi Kiri, Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas komunikasi pemasaran terpadu yang dilakukan oleh UMKM. Analisis dilakukan menggunakan uji korelasi Rank Spearman dengan melibatkan responden sebanyak 30 orang yang berkunjung ke Kopi Sisi Kiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kedai Kopi Sisi Kiri sudah intensif dalam melakukan komunikasi pemasaran terpadu, terutama melalui iklan sebagai yang paling intensif diikuti oleh hubungan masyarakat dan penjualan personal, lalu promosi penjualan dan pemasaran langsung. Komunikasi pemasaran yang dilakukan Kopi Sisi Kiri cukup efektif karena terbukti berkorelasi positif dengan perilaku konsumsi, terutama dalam aspek kognitif dan afektif. Penjualan personal adalah komunikasi pemasaran yang paling efektif karena berkorelasi positif dengan ketiga aspek perilaku konsumsi, sementara iklan dan hubungan masyarakat hanya berkorelasi dengan aspek kognitif serta promosi penjualan yang hanya berkorelasi dengan aspek kognitif dan afektif. Perilaku konsumsi juga terbukti berkorelasi dengan karakteristik konsumen, terutama tingkat pendidikan dan tingkat pendapatan.
Kata kunci: Efektivitas, Komunikasi pemasaran terpadu, UMKM Kopi
Downloads
References
[BPS] Badan Pusat Statistik. 2016. Potensi Usaha Mikro Kecil Sensus Ekonomi 2016.
[BPS] Badan Pusat Statistik. 2019. Statistik Kopi Indonesia 2018. Tersedia pada:
https://www.bps.go.id/publication/download.html
[BPS] Badan Pusat Statistik. 2016. Statistik Kopi Indonesia 2016. Tersedia pada: https://www.bps.go.id/publication/2019/12/06/b5e163624c20870bb3d6443a/ statistik-kopi- indonesia-2016.html
Budiarto R, Putero SH, Astuti P, Saptoadi H. 2015. Perkembangan UMKM: Antara Konseptual dan Pengalaman Praktis. Yogyakarta (ID): Gadjah Mada University Press.
Kompas. Money (Whats New). Tersedia pada: https://money.kompas.com/read/2020/03/27/190000026/terpukul-corona-ini-5-keluhan-para- pelaku-umkm
Chrismardani Y. 2014. Komunikasi pemasaran terpadu: implementasi untuk umkm. J Berkala Ilmu Ekonomi [Internet]. [diunduh pada 2020 Oktober 2] 8(2): 176-189. Tersedia pada: https://journal.trunojoyo.ac.id/neo-bis/article/view/472/442
Effendy OU. 2007. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung (ID): PT Remaja Rosdakarya.
Fahmi M, Baihaqi A, Irwan. 2013. Analisis strategi pemasaran kopi arabika‘bergendaal koffie’ di kabupaten bener meriah. J Agrisep [Internet].[diunduh pada 2020 Oktober 2] 14(1):28-35. Tersedia pada:http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/agrisep/article/view/905
[ICO] International Coffee Organization. 2017. Konsumsi Kopi di Indonesia. Tersedia pada: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2017/07/03/berapa-konsumsi-kopi-indonesia
[Kemenkop UKM] Kementerian Koperasi dan UMKM. 2014. Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Jakarta (ID): Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia.
Kotler P, Keller KL. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi ke-13 Jilid 2. Jakarat (ID): Erlangga.
Kusumastuti YI. 2009. Komunikasi Bisnis. Bogor (ID): IPB Press
Purba, Amir. 2006. Pengantar Ilmu Komunikasi. Medan (ID): Pustaka Bangsa Press Purwoto A, Sugeng AP, Heriyani O, Eneste P. 2007. Panduan Laboratorium Statistik Inferensial. Jakarta (ID): Grasindo.
Setiadi A. 2016. Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen, edisi revisi. Jakarta (ID): Kencana Prenada Media Group.
Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat | Vol. 05 (05) 2021 | 695
Setiadi NJ. 2003. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta (ID): Kencana.
Shimp TA. 2003. Periklanan Promosi dan Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Edisi ke-5 Jilid 1. Jakarta (ID): Erlangga.
Suci YR. 2017. Perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Indonesia. J Ilm Cano Ekonomos [Internet]. [diunduh pada 2020 November 14] 6(1): 51-59 Tersedia pada: https://e- journal.upp.ac.id/index.php/Cano/article/view/1239
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung (ID): Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung (ID): Alfabeta.
Tania R, Widjaya S, Suryani A. 2019. Usahatani, pendapatan dan kesejahteraan petani kopi di lampung barat. JIIA [Internet]. [diunduh pada 2020 Desember 14] 7(2): 149-156. Tersedia pada: http://digilib.unila.ac.id/60456/
Tjiptono F.2005. Brand Management & Strategy. Yogyakarta (ID): ANDI
Tubbs SL, Moss S. 2000. Human Communication: Prinsip-Prinsip Dasar.Terjemahan. Bandung (ID):
PT. Remaja Rosdakarya.
Wicaksono G, Pamungkas TS, Yunita R. 2019. Pelatihan dan pendampingan kelompok petani kopi desa solor kabupaten bondowoso. J Inovasi Sosial[Internet]. [diunduh pada 2020 Oktober 3] 2(2): 11-21. Tersedia pada:https://journal.uhamka.ac.id/index.php/syukur/article/view/3713
Articles published in Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the title of the work, journal citation, link to the DOI, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
By publishing in Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.