HUBUNGAN KONDISI SOSIAL EKONOMI PEMILIK UMKM DENGAN PERSEPSI TERHADAP KARAKTERISTIK SOCIOPRENEUR
Abstract
Wirausaha sosial merupakan individu yang mempunyai karakter kewirausahaan dan mampu mengidentifikasi serta memecahkan persoalan sosial. Salah satu caranya yaitu dengan mengembangkan Usaha Mikro, Kecil, dan Mengengah (UMKM) di pedesaan. Persepsi pemilik UMKM sangat penting dalam mempengaruhi respon terhadap usaha-usaha yang dilakukan sociopreneur. Persepsi itu sendiri tidak lepas dari faktor-faktor yang mempengaruhi. Faktor tersebut antara lain faktor kondisi sosial ekonomi yang terdiri dari tingkat pendidikan, tingkat pendapatan, kepemilikan alat transportasi, dan pola interaksi sosial. Persepsi yang diamati meliputi aspek menciptakan nilai sosial, wirausaha sosial, organisasi kewirausahaan sosial, dan orientasi pasar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang didukung oleh data
kualitatif dengan responden sebanyak 33 orang. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kondisi sosial ekonomi pemilik UMKM dan bagaimana persepsinya terhadap karakteristik sociopreneur. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang tidak signifikan antara kondisi sosial ekonomi pemilik UMKM dengan persepsi terhadap karakteristik sociopreneur.
Kata kunci: Karakteristik sociopreneur, kondisi sosial ekonomi, persepsi
Downloads
References
Arifin Z. 2002. Kondisi Sosial Ekonomi Petani Tebu di Desa Negara Batin Sungkai Selatan [Skripsi]. Bandar Lampung [ID]: Universitas Lampung.
Arsyad L. 2003. Prospek Pengembangan Industri Kecil di Indonesia. Manajemen Usahawan Indonesia. Yogyakarta (ID): Sekolah Tinggi Ekonomi.
Bahrowi, Juariyah S. 2010. Analisa Kondisi Sosial Ekonomi dan Tingkat Pendidikan Masyarakat Desa Srigading Kecamatan Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan [internet]. [diunduh pada 2019 Sept 17]; 07 (01): 58-81.
RA, Byrne D. 2004. Psikologi Sosial Jilid 1. Edisi Kesepuluh. Djuwita R, Parman MM, Yasmina D, Lunanta LP, penerjemah; Kristiaji WC, Medya R, editor. Jakarta (ID): Erlangga. Terjemahan dari: Social Psychology 10th Edition. 307 hal.
[BPS] Badan Pusat Statistik. 2019. Profil Kemiskinan di Indonesia September 2018.
Effendi S. Tukiran. 2014. Metode Penelitian Survei. Jakarta (ID): LP3ES.
Erista AA. 2014. Dampak Industri terhadap Perubahan Sosial dan Ekonomi Masyarakat di Desa
Tobat Kecamatan Balaraja Tangerang Banten [skripsi]. Jakarta (ID): UIN Syarif
Hidayatullah.
Firdaus N. 2014. Pengentasan Kemiskinan Melalui Pendekatan Kewirausahaan Sosial. Jurnal
Ekonomi dan Pembangunan [internet]. [diunduh pada 2021 jan 16]; 22 (1): 55-67.
Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat | Vol. 05 (04) 2021 | 644
Baron
Garini CA. 2017. Pengaruh Status Sosial Ekonomi terhadap Adaptasi Mahasiswa Migran [skripsi]. Lampung (ID): Universitas Lampung.
Ghufronudin. 2018. Tindakan Sosial Pengusaha Kerajinan Logam dalam Mempertahankan Keberlangsungan Usaha. Dialektika Masyarakat: Jurnal Sosiologi [internet]. [diunduh pada 2019 Apr 18]; 02 (01): 13-23.
Haholongan H. 2016. Hubungan Implementasi Kebijakan Pembangunan dengan Pemberdayaan Masyarakat di Kecamatan Batununggal Kota Bandung [skripsi]. Bandung (ID): Universitas Pasundan.
Hartono, Hartomo DD. 2014. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perkembangan UMKM di Surakarta. Jurnal Bisnis dan Manajemen [internet]. [diunduh pada 2020 Apr 4]; 14 (01): 15-30.
Kurnianto BT. 2017. Dampak Sosial Ekonomi Masyarakat Akibat Pengembangan Lingkar Wilis di Kabupaten Tulungagung. Jurnal Agiribisnis Fakultas Pertanian [internet]. [diunduh pada 2019 Apr 4]; 13 (15): 55-85.
Lontoh LJV. 2016. Perubahan sosial ekonomi masyarakat nelayan di sekitar kawasan reklamasi di Kecamatan Sario Kota Manado. Jurnal Ilmiah Society. [Internet]. [diunduh pada 2019 Sept 15]; 2(20): 143-160.
Masturin. 2015. Model Pemberdayaanmasyarakat dengan Pendekatan Social Entrepreneurship: Analisis Ketokohan Para Pewirausaha Sosial. Inferensi Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan [internet]. [diunduh 2019 Mar 3]; 09(01): 159-182.
Muryanti M. 2020. Menuju Kewirausahaan Sosial di Desa melalui Badan Usaha Milik Desa. Jurnal Society [internet]. [diunduh pada 2021 Jan 26]; 8 (01): 170-181.
Myers DG. 2012. Psikologi Sosial. Edisi ke-10. Tusyani A, Sembiring LS, Gaytri PG, Sofyan PN, penerjemah. Jakarta (ID): Penerbit Salemba Humanika. Terjemahan dari : Social Psychology.
Nasdian FT. 2015. Pengembangan Masyarakat. Jakarta [ID]: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Prayogo C. 2017. Studi Deskriptif Social Entrepreneur Pada Pemilik Agfa di Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia. Jurnal Agora [internet]. [diunduh pada 2019 Mar 27]; 05 (01).
Putri LI. 2017. Reduksi Kemiskinan Melalui Sociopreneur. Jurnal Riset dan Kajian Keislaman [internet]. [diunduh 2019 Apr 24]; 06 (01): 48-68.
Rahman AA. 2013. Psikologi Sosial: Integrasi Pengetahuan Wahyu dan Pengetahuan Empirik. Depok (ID): PT Rajagrafindo Persada.
Ria IU. 2017. Pengaruh Keberadaan Industri Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat di Desa Talaag Kecamatan Cikupa Kabupaten Tangerang [skripsi]. Jakarta (ID): UIN Syarif Hidayatullah.
Rusli Z, Sahuri C, Mashur D, Mayarni. 2011. Penerapan Social Enterpreneurship dalam Memberdayakan Masyarakat Miskin Perkotaan .Jurnal Kebijakan Publik [internet]. [diunduh pada 2019 Mar];
Salim A. 2018. Pengaruh Peran Sociopreneurship terhadap Keberhasilan Usaha. Jurrnal for Business and Entrepreneur [internet]. [diunduh pada 2020 Apr 24] 02 (02): 1-13.
Sarfiah SN, Atmaja HE, Verawati DM. 2019. UMKM sebagai Pilar Membangun Ekonomi
Bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan) [internet]. [diunduh 2020 Apr 24];
04 (02): 137-146.
Sholikhatun UM. 2010. Hubungan Antara Karakteristik Sosial Ekonomi dengan Persepsi
Masyarakat Kota tentang Sifat-sifat Inovasi Program Peningkatan dan Pengembangan Pertanian Perkotaan di Kota Surakarta [skripsi]. Surakarta (ID): Universitas Sebelas Maret.
Singarimbun, Effendi. 2014. Metode Penelitian Survei. Jakarta (ID): LP3ES.
Sjaf S. 2019. Involusi Republik Merdesa. Bogor (ID): IPB Press.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung (ID):
Penerbit Alfabeta.
Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat | Vol. 05 (04) 2021 | 645
Sukmadi. 2016. Inovasi dan Kewirausahaan Edisi Paradigma Baru Kewirausahaan. Yogyakarta (ID): Pustaka Pelajar Grup.
Sukmawati AD. 2013. Deskripsi tentang Perkemabangan Sosial Ekonomi Masyarakat Desa Ratna Daya Kecamatan Raman Utara Kabupaten Lampung Timur [skripsi]. Lampung (ID): Universitas Lampung.
Sukirno S. 2011. Mikro Ekonomi Teori Pengantar Edisi Ketiga. Jakarta: Rajawali Pers.
Suyatna H, Nurhasanah Y. 2017. Sociopreneurship sebagai Tren Karir Anak Muda. Jurnal Studi
Pemuda [internet]. [diunduh pada 2019 Mar 27]; 06(01): 527-537.
Tambunan T. 2002. Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia: Beberapa Isu Penting. Jakarta
(ID): Salemba Empat.
Taylor SE, Peplau LA, Sears DO. 2009. Psikologi Sosial. Wibowo T, penerjemah.
Jakarta (ID): Kencana Prenada Media Grup. Terjemahan dari: Social
Psychology edisi 12.
Thoha M. 2001. Perilaku Organisasi: Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta (ID): PT Raja
Grafiindo Persada.
Trisanti T. 2001. Strategi Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan pada Saat Krisis Ekonomi.
Manajemen Usahawan Indonesia. Yogyakarta (ID): Sekolah Tinggi Ekonomi.
[UU] Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, dan
Menengah.
[UU] Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 Tentang sistem Pendidikan Nasional.
Winarsih T. 2018. Analisis Sosial Ekonomi Masyarakat Sekitar Kawasan Berikat terhadap
Motivasi Anak Melanjutkan Pendidikan Keperguruan Tinggi Menurut Perspektif Ekonomi Islam [skripsi]. Lampung (ID): UIN Raden Intan.
Articles published in Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the title of the work, journal citation, link to the DOI, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
By publishing in Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.