Tingkat Literasi Media Remaja Desa dalam Pemanfaatan Media Sosial
Abstract
Media komunikasi di Indonesia semakin berkembang dan informasi semakin cepat serta mudah untuk didapatkan. Di era perkembangan teknologi ini seseorang sebaiknya melek media atau memiliki literasi media yaitu mampu memanfaatkan media dengan bijak. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat literasi media remaja desa pada media sosial, mengidentifikasi pemanfaatan media sosial oleh remaja desa, serta menganalisis hubungan karakteristik remaja dan faktor lingkungan dengan tingkat literasi media remaja desa pada media sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kuantitatif didukung data kualitatif dengan metode survei, wawancara mendalam, dan observasi. Responden penelitian sebanyak 30 orang remaja Desa Sinarsari dengan menggunakan pengambilan sampel aksidental. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat hubungan nyata dan sangat nyata antara karakteristik remaja (indikator usia, tingkat pendidikan, dan pemahaman media sosial) dengan literasi media (indikator kemampuan menggunakan dan kemampuan komunikatif) serta hubungan sangat nyata antara faktor lingkungan (indikator ketersediaan media) dengan literasi media (indikator kemampuan menggunakan).
Kata Kunci: literasi media, media sosial, remaja desaDownloads
Articles published in Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the title of the work, journal citation, link to the DOI, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
By publishing in Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.