Efektivitas Instagram sebagai Media Informasi dalam Promosi Wisata Panorama Pabangbon Leuwiliang Bogor, Jawa Barat
Abstract
Kemampuan media sosial untuk mengirim pesan, dapat dimanfaatkan sebagai media promosi suatu produk atau jasa. Tempat Wisata Panorama Pabangbon merupakan kawasan wisata yang berbasis masyarakat, memanfaatkan media sosial Instagram sebagai promosi. Promosi ini dilakukan untuk memberi informasi, berkomunikasi dan menarik perhatian pengunjung. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan antara terpaan media dengan efektivitas informasi pada Instagram Wisata Panorama Pabangbon, serta menganalisis hubungan antara efektivitas informasi dengan perilaku berwisata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan cara survei pada 30 orang responden. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa Instagram efektif sebagai media promosi akan tetapi disertai dengan informasi yang lengkap, jelas, sopan dan benar sehingga meningkatkan aktivitas pengunjung dalam berwisata, dan terpaan media terbukti berhubungan kuat dengan efektivitas informasi karena dapat meningkatkan kesadaran dan pengetahuan.
Downloads
References
Adhanisa C, Fatchiya A. 2017. Efektivitas website dan instagram sebagai sarana promosi kawasan wisata berbasis masyarakat. JSKPM [Internet]. [diunduh 2019 Agustus 25]. 1 (4): 451-466. Tersedia pada: http://ejournal.skpm.ipb.ac.id/index.php/jskpm/article/view/119/76
Aimsyah Z. 2003. Manajemen Sistem Informasi.
Jakarta (ID): PT. Gramedia Pustaka Anggrahini D, Surwati CHD. 2014. Kegiatan komunikasi pemasaran rown division melalui media sosial. Skripsi [Internet]. [diunduh 2019 Agustus 25]. Tersedia pada: http://jurnalkommas.com/docs/JURNAL-Devi%20Anggrahini.pdf
Apriliana SN, Utomo EP. 2019. Pengaruh intensitas melihat iklan di instagram terhadap pengetahuan dan perilaku konsumtif remaja putri. Jurnal Komunikasi [Internet]. [diunduh 2020 Jun 23]. 13 (2): 179-190. Tersedia pada: https://journal.uii.ac.id/jurnal-komunikasi/article/view/13048/9303
Effendi S, Tukiran. 2012. Metode penelitian survei. Jakarta (ID): LP2ES
Fatma SK. 2013. Hubungan antara terpaan tweet iklan pada akun twitter @infotembalang dan brand awareness @calzoneup dengan minat beli masyarakat. Jurnal Interaksi Online [Internet]. [diunduh 2020 Mei 10]. 2 (1) 1-16. Tersedia pada: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/4311/4168
Gattu DK. 2017. Role of social media marketing in tourism industry: a case study on TSTDC. SJBMS [Internet]. [diunduh 2019 Agustus 26]. 2: 1212-1215. Tersedia pada: http://scholarsmepub.com/sjbms/.
Gumilar G. 2016. Pemanfaatan Instagram sebagai sarana promosi oleh pengelola industri kreatif fashion di Kota Bandung. JIPSI [Internet]. [diunduh 2019 Des 19]. 5 (2); 77- 84. Tersedia pada: https://jipsi.fisip.unikom.ac.id/jurnal/pemanfaatan-instagram-sebagai.3w
Hasan A. 2008. Marketing. Jakarta (ID): Buku Kita Indrayani H. 2012. Penerapan teknologi informasi dalam peningkatan efektivitas, efisiensi dan produktivitas perusahaan. Jurnal EL- RIYASAH. [Internet]. [diunduh 2019 Okt 31]. 3 (1); 48-56. Tersedia pada: http://ejournal.uinsuska.ac.id/index.php/elriyasah/article/view/664/618.
Ingkadijaya R, Damanik J, Putra HAS, Nopirin. 2016. Aktivitas pilihan keluarga perkotaan. Jurnal Kahsanah Ilmu [Internet]. [diunduh 2020 Mei 10]. 7 (1); 39-44. Tersedia pada: https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/khasanah/article/view/459/352
Innova EI. 2016. Motif dan kepuasan pengguna instagram di komunitas instameet Indonesia. Jurnal E-Komunikasi [Internet]. [diunduh 2019 Okt 28]. 4 (1); 1-11. Tersedia pada: http://publication.petra.ac.id/index.php/ilmukomunikasi/article/view/4851/4460.
Kurniawati WDN. 2016. Pemanfaatan instagram oleh komunitas wisata grobogan dalam mempromosikan potensi pariwisata daerah. Komuniti [Internet]. [diunduh 2019 Agustus 25]. 8 (2): 127-143. Tersedia pada: http://journals.ums.ac.id/index.php/komuniti/article/view/2943.
Kusumastuti Y. 2009. Komunikasi Bisnis. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.
Kotler P, Amstrong G. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi ke-12. Jakarta (ID): Erlangga.
Kotler P, Keller P. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta (ID): Erlangga.
Lubis DP, Mugniesyah SS, Purnaningsih N, Riyanto S, Kusumastuti YI, Hadiyanto, Saleh A, Sumardjo, Agung SS, Amanah S et.al. 2013. Dasar-Dasar Komunikasi. Hubeis AVS, editor. Bogor (ID): Sains KPM IPB PRESS.
Maryono M, Effendi H, Krisanti M. 2016. Analisis kepuasan wisatawan untuk manajemen pantai di wisata Pantai Tanjung Bira. Jurnal Pariwisata [Internet]. [diunduh 2019 Des 19]. 3 (2); 94-104. Tersedia pada: https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jp/article/view/1352/1301.
McQuail D. 2005. Mass Communication Theory. London (UK): SAGE Publication: fifth edition.
Nugraha A, Sudrajat RH, Putri BPS. 2015. Fenomena meme di media sosial: studi etnografi virtual posting meme pada pengguna media sosial instagram. Jurnal Sosioteknologi [Internet]. [diunduh 2019 Des 19]. 14 (3); 237-245. Tersedia pada: http://journals.itb.ac.id/index.php/sostek/article/view/1558/1069
Rakhmat J. 2012. Metode penelitian komnukasi dilengkapi contoh analisis statistik. Bandung (ID): PT Remaja Rosdakarya
Renanita T. 2015. Faktor-faktor yang memengaruhi intensi dan perilaku berwisata masyarakat serta implikasinya bagi entrepreneurship bidang pariwisata. Jurnal Entrepreneur dan Entrepreneurship [Internet]. [diunduh 2019 Des 19]. 4 (1); 49-58. Tersedia pada: https://journal.uc.ac.id/index.php/JEE/article/view/247/229
Rizki MA, Pangetuti E. 2017. Pengaruh terpaan media sosial instagram terhadap citra destinasi dan dampaknya pada keputusan berkunjung (survei pada pengunjung Kampung Warna Warni Jodipan, Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis [Internet]. [diunduh 2019 Okt 7]. 2(49); 157-164. Tersedia pada: http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/1933/2319
Sanitmatcharo P. 2006. A study of tourist behavior. A case study of independent European travelers in Bangkok. Language Institute Journal [Internet]. [diunduh 10 Nov 2019]. 3: 126-146.
Suherlan A. 2014. Analisis karakteristik, perilaku, dan motivasi perjalanan wisatawan asal Sulawesi Utara ke Jakarta. Jurnal Bisnis dan Manajemen [Internet]. [diunduh 2019 Des 19]. 4(3); 16-36 Tersedia pada: http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/esensi/article/view/2432/1833
Sulaksana U. 2003. Komunikasi pemasaran. Yogyakarta (ID): Pustaka Pelajar.
Tubbs SL, Moss S. 2000. Human communication: konteks-konteks komunikasi. Badung (ID): PT Remaja Rosdakarya. Terjemahan dari: Deddy Mulyana.
Articles published in Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the title of the work, journal citation, link to the DOI, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
By publishing in Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.