Hubungan Keberhasilan Program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Unilever dengan Keberdayaan Perempuan Pedesaan

Sri Rezeki, Fredian Tonny Nasdian

Abstract


The progress of increasingly sophisticated science and technology has led to a lot of development that refers to industrialization, especially in the private sector. Development carried out in Indonesia, is still gender-biased and lacks consideration for the role of women. The amount of development including companies has an impact on the environment and society, so the government has obliged every company to carry out activities called Corporate Social Responsibility (CSR). The CSR program is one of the community empowerment programs and can also be applied as a women's empowerment program. The purpose of this research is to see the relationship between the success rate of CSR programs and the level of empowerment of rural women. This study uses a combination of quantitative approaches and qualitative approaches. The quantitative approach is done by the census method using questionnaire instruments while the qualitative approach uses the case study method and is obtained through in-depth interview guides. The results showed that there was no relationship between the success rate of the CSR program and the level of empowerment of rural women in Sumbermulyo Village. This is because the success of CSR programs and the empowerment of CSR programs is more to the social and not economic aspects.

Keywords: Corporate Social Responsibility, Success, Women Empowerment

 

ABSTRAK

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin canggih menyebabkan banyaknya pembangunan yang merujuk pada industrialisasi khususnya di sektor swasta. Pembangunan yang dilakukan di Indonesia, masih bias gender dan kurang mempertimbangkan peran perempuan. Banyaknya pembangunan termasuk perusahaan memiliki dampak bagi lingkungan dan masyarakat, maka pemerintah telah mewajibkan setiap perusahaan untuk melakukan kegiatan yang disebut dengan Corporate Social Responsibility (CSR).  Program CSR merupakan salah satu program pemberdayaan masyarakat dan dapat pula diterapkan sebagai program pemberdayaan perempuan. Tujuan penulisan penelitian ini adalah untuk melihat hubungan antara tingkat keberhasilan program CSR dengan tingkat keberdayaan perempuan pedesaan. Penelitian ini menggunakan kombinasi pendekatan kuantitatif dan pendekatan kualitatif. Pendekatan kuantitatif dilakukan dengan metode sensus menggunakan instrumen kuesioner sedangkan pendekatan kualitatif menggunakan metode studi kasus dan didapatkan melalui panduan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara tingkat keberhasilan program CSR dengan tingkat keberdayaan perempuan pedesaan di Desa Sumbermulyo. Hal ini karena keberhasilan program CSR dan keberdayaan program CSR lebih kepada aspek sosial bukan ekonomi.

Kata kunci: Corporate Social Responsibility, Keberhasilan, Pemberdayaan Perempuan

Keywords


Corporate Social Responsibility, Keberhasilan, Pemberdayaan Perempuan

Full Text:

PDF

References


Anggraini A. 2011. Pemberdayaan Perempuan Melalui PNPM-P2KP (Kasus: KSM Ekonomi Desa Srogol, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat) [Internet]. Skripsi. Bogor [ID]: Institut Pertanian Bogor. Diunduh pada 4 Oktober 2017. Tersedia di: http://repository.ipb.ac.id/bitstream/handle/123456789/47291/I11aan.pdf?sequence=1&isAllowed=y

[BPS] Badan Pusat Statistik. 2017. Jumlah Industri untuk Pengolahan Besar dan Sedang, Jawa dan Luar Jawa, 2001-2015 [Internet]. Diakses 18 Juni 2018. Tersedia di: https://www.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/1053

Dasaluti T. 2009. Analisis Pengembangan Usaha Mikro dalam Mendukung Pemberdayaan Perempuan di Pulau Kecil (Studi Kasus di Pulau Bunaken, Kota Manado, Sulawesi Utara) [Internet]. Tesis. Bogor [ID]: Institut Pertanian Bogor. Diunduh pada 4 Oktober 2017. Tersedia di: http://repository.ipb.ac.id/bitstream/handle/123456789/5646/2009tda.pdf?sequence=4&isAllowed=y

Dewinta N. 2015. Hubungan Peran Pendamping dengan Pemberdayaan Perempuan dalam Program Corporate Social Responsibility (CSR) PT ITP [Internet]. Skripsi. Program Studi Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat. Fakultas Pertanian. Bogor [ID]: Institut Pertanian Bogor. Diunduh 26 Juni 2018. Tersedia di: http://repository.ipb.ac.id/bitstream/123456789/75108/1/I15nde.pdf

Elkington J. 1997. Cannibals with forks, the triple bottom line of twentieth Century business, dalam Teguh Sri Pembudi. 2005. CSR. Sebuah Keharusan dalam Investasi Sosial. Jakarta (ID): Pusat Penyuluhan Sosial (PUSENSOS) Departemen Sosial RI. La Tofi Enterprise.

Foilyani FH. 2009. Pemberdayaan Perempuan Perdesaan dalam Pembangunan [Internet]. Jurnal Wacana. (12) 3 . Juli 2009. Universitas Brawijaya Malang (ID). Diunduh pada 7 Oktober 2017. Tersedia di: http://wacana.ub.ac.id/index.php/wacana/article/download/154/131

Fukuyama F. 1997. Social Capital. [Internet]. [ulasan]. Diunduh pada 7 Oktober 2017. Tersedia di: http:// dl.lux.bookfi.org /genesis /634000 / 63ba7bada29fc47af1f7fc5ec48484b1/_as/%5BFrancis_Fukuyama%5D_Social_Capital( BookFi.org).pdf

Hastuti, Respati D. 2009. Model Pemberdayaan Perempuan Miskin Upaya Pengentasan Kemiskinan di Perdesaan di Lereng Merapi Selatan, DIY [Internet] . Skripsi. Yogyakarta (ID) : Universitas Negeri Yogjakarta. Diunduh pada : 3 Okotber 2017. Tersedia di: http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/Laporan%20Penelitian%20Pemberdayaan%20Perempuan%20Miskin%20Dan%20Pemanfaatan%20Sumberdaya%20Perdesaan%202009.pdf

Hubeis AV, Kusharto CM, Astuti D, Sadono D, Wahyuni ES, Windarti H, Puspitawati H, Sari JI, Sukesi K, Kolopaking LM, et al. 2010. Pemberdayaan Perempuan Pedesaan: Pengembangan Metodologis Kajian Perempuan Prof Pudjiwati Sajogyo. Bogor (ID): Penerbit PSP3 IPB.

Jeckoniyah JN. 2014. Women Collective actions and Empowerment in Agricultural Value Chains in Simanjiro District Tanzania. International Journal of Gender and Women‟s Studies. [Internet]. 5 (2): 51-57. American Research Institute for Policy Development. Diunduh pada 18 Maret 2018. Tersedia di: https://doi.org/10.15640/ijgws.v5n2p6

Kartasasmita G. 1997. Pemberdayaan Masyarakat: Konsep Pembangunan yang Berakar pada Masyarakat. Jakarta (ID): Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.

Khoiriyah UI. 2017. Pelaksanaan Program Corporate Social Responsibility Pertamina TBBM Rewulu dalam Pemberdayaan Perempuan di Kelompok Jamu Jati Husada Mulya. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah. [Internet]. 6 (5): 464 – 476. Yogyakarta (ID): Universitas Negeri Yogyakarta. Diunduh pada 24 Maret 2018. Tersedia di: http://journal.student.uny.ac.id/ojs /index.php/pls/article /download/8433/8033

Kurniasari ND. 2015. Program CSR Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (untuk Meningkatkan Produktivitas Usaha Mikro, Kecil Menengah di Madura). Jurnal NeObis. [Internet]. 9(1): 98-109. Madura (ID): Universitas Trunojoyo Madura. Diunduh pada 11 Maret 2018. Tersedia di: http://download.portalgaruda.org/article.php?article=329642&val=7695&title=PROGRAM%20CSR%20BERBASIS%20PEMBERDAYAAN%20MASYARAKAT%20(UNTUK%20MENINGKATKAN%20PRODUKTIVITAS%20USAHA%20MIKRO,%20KECIL%20MENENGAH%20DI%20MADURA)

Marwanti S, Astut ID. 2012. Model Pemberdayaan Perempuan Miskin Melalui Pengembangan Kewirausahaan Keluarga Menuju Ekonomi Kreatif di Kabupaten Karanganyar. SEPA, 9(1): 134 – 144. Jakarta (ID)

Moser, Caroline. 1993. Gender Planning and Development: Theory, Practice, and Training. New York (US): Routledge.

Mutmaina. 2014. Hubungan Tingkat Penerapan Prinsip Pengembangan Masyarakat dengan Keberhasilan Program CSR PT Pertamina. Sodality: Jurnal Sosiologi Pedesaan. [Internet]. 02 (03): 171-181. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor. Diunduh pada 10 Maret 2018. Tersedia di: http://repository.ipb.ac.id/bitstream/handle/123456789/70544/I14mut.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Nagoro HS. 2015. Pengaruh Modal Sosial Terhadap Keberhasilan Implementasi Program CSR (Studi Kasus: PT Pertamina RU VI Indramayu, Desa Balongan, Kabupaten Indramayu Jawa Barat). Skripsi. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.

Nasdian FN. 2014. Pengembangan Masyarakat. Bogor (ID): Penerbit Yayasan Obor Indonesia.

Pasaribu. VA. 2009. Perempuan dan Pembangunan Nasional Indonesia [Internet]. Medan (ID) : Universitas Hkbp Nommensen. Di unduh pada 3 Oktober 2017. Tersedia di: https://perpustakaan.uhn.ac.id/adminarea/ dataskripsi/ Karya%20Ilmiah%20-%206.pdf

Pemerintah Republik Indonesia. 2007. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas [Internet]. Diunduh 26 Juni 2018. Tersedia di: http://www.hukumonline.com/pusatdata/ downloadfile/ fl52313/parent/26940

Prastiwi. 2012. Analisis Gender terhadap Tingkat Keberhasilan Pelaksanaan CSR Bidang Pemberdayaan Ekonomi Lokal PT Holcim Indonesia Tbk [Internet].Skripsi. Institut Pertanian Bogor (ID). Diunduh pada 7 Oktober 2017. Tersedia di: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/77380

Rahmawati A, Anggara AB. 2014. Memandirikan Perempuan Melalui Program Corporate Social Responsibility (CSR). Literacy. [Internet]. 04(01): 28-41. Jember (ID): Fakultas Ilmu Politik, Universitas Jember. Diunduh pada 8 Maret 2018. Tersedia di: https://jurnal.unej.ac.id/index.php/LIT/ article/ download/6215/4608/

Salman I. 2005. Keluarga Sakinah dalam Aisyiyah. Jakarta (ID): PSAP Muhammadiyah.

Suharto E. 2010.Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Bandung (ID): Penerbit Refika Aditama

Sukada S, Wibowo P, Ginano K, Jalal, Kadir I, Rahman T. 2007. CSR for Better Life : Indonesian Context membumikan bisnis berkelanjutan: memahami konsep dan praktik tanggung jawab sosial perusahaan. Jakarta (ID): Indonesia Business Links.

Susanti E. 2013. Tingkat Keberdayaan Perempuan Kepala Keluarga (Kasus pada Program Pekka di Desa Dayah Tanoh Kecamatan Mutiara Timur Kabupaten Pidie Provinsi Aceh). [Internet]. Agrisep. 14: 2. Aceh (ID): Universitas Syiah Kuala. Diunduh pada 20 Februari 2019. Tersedia di: http://jurnal.unsyiah.ac.id/agrisep/article/download/2374/2535

Sutoro E. 2002. Pemberdayaan Masyarakat Desa, Materi Diklat Pemberdayaan Masyarakat Desa, yang diselenggarakan Badan Diklat Provinsi Kaltim, Samarinda. Desember 2002.

Wahyuningrum Y, Noor I, Wachid A. 2013. Pengaruh Program Corporate Social Responsibility terhadap Peningkatan Pemberdayaan Masyarakat (Studi pada Implementasi CSR PT. Amerta Indah Otsuka Desa Pacarkeling Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan) [Internet]. Jurnal Administrasi Publik. 1(5). Hal 109-115. Malang (ID): Universitas Brawijaya. Diunduh 26 Juni 2018. Tersedia di: https://media.neliti.com/media/publications/76948-ID-pengaruh-program-corporate-social-respon.pdf

Wibisono Y. 2007. Membedah Konsep dan Aplikasi CSR (Corporate Social Responsibility). Gresik (ID): Fascho Publishing.

World Business Council for Sustainable Development (WBCSD). 2005. Corporate Social Responsibility.

Zaidi Z. 2003. Sumbangan Sosial Perusahaan. Jakarta (ID): EMK.




DOI: https://doi.org/10.29244/jskpm.4.2.261-274

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


=========================================================================================

Editorial Office

Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat (JSKPM, ISSN: 2338-8021; E-ISSN: 2338-8269)

Department of Communication and Community Development Sciences,
Faculty of Human Ecology, Bogor Agricultural University

Wing 1 Level 5; Jalan Kamper, Kampus IPB Darmaga Bogor, 16680, Indonesia 
Phone. 0251 8425252/8627793; Fax 8627793

Email: skpm@apps.ipb.ac.id; contact: Mahmudi Siwi

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.