Pengaruh Karakteristik Pengunjung dan Penggunaan Media Komunikasi Pemasaran terhadap Intensitas Kunjungan Agrowisata Taman Bunga Nusantara

  • Teuku Mufadzal Hoesni Department of Communication and Community Development, Faculty of Human Ecology, IPB University
  • Amiruddin Saleh Department of Communication and Community Development, Faculty of Human Ecology, IPB University
Abstract views: 195 , Pengaruh Karakteristik Pengunjung dan Penggunaan Media Komunikasi Pemasaran terhadap Intensitas Kunjungan Agrowisata Taman Bunga Nusantara downloads: 0
Keywords: Keywords, agro tourism, intensity of visits, marketing communication, media usage, the charachteristic of visitors Taman Bunga Nusantara

Abstract

The use of marketing communications media is useful to provide information and promote the uniqueness and superiority of agro-tourism objects and their facilities and activities, thereby increasing the intensity of visits. The objectives of this research is to analyze the characteristics of visitors, to analyze the surgery of marketing communication media, and to analyze the two variables on the intensity of the visit of Taman Bunga Nusantara Agro. The research used quantitative approach with qualitative study method with descriptive explanatory technique. Techniques of data collection using accidental sampling where the researcher determines the respondents spontaneously and based on the population based on predetermined criteria. The results of this study indicate that there is influence of visitor characteristics on the use of marketing communication media and there is influence of visitor characteristics and the use of marketing communication media on the intensity of visits Agrotourism Taman Bunga Nusantara

  

Keywords : agro tourism, intensity of visits ,marketing communication, media usage, the charachteristic of visitors Taman Bunga Nusantara

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdi, Rianse U. 2009. Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi (Teori dan Aplikasi). Bandung (ID): CV. Alfabeta.

Ajeng. 2017 Efektivitas komunikasi pemasaran agrowisata. [skripsi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.

Amalia R. 2012. Hubungan efektifitas komunikasi pemasaran agrowisata kebun raya Cibodas dengan perilaku pengunjung. [skripsi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.

Aref F, Gill S S. 2009. Rural Tourism Development through Rural Cooperative, Nature and Science. 7(10). New york (US): Marsland Press.

Aufa J. 2014. Efektivitas website sebagai media komunikasi pemasaran kampoeng wisata bisnis Tegal Waru, Ciampea, Bogor, Jawa Barat. [skripsi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.

Beeton, S. 2006. Community Development through Tourism. Collingwood. Australia (AU): Landlinks Press.

Budiarti T. 2013. Pengembangan agrowisata berbasis masyarakat pada usahatani terpadu guna meningkatkan kesejahteraan petani dan keberlanjutan sistem pertanian. [internet]. [Diunduh 11 September 2017]. Http://Journal.Ipb.Ac.Id/Index/.Php/Jipi/Article/View/8398/6544

Crismardani Y. 2014. Komunikasi pemasaran terpadu: implementasi untuk UMKM. [internet]. Neo-Bis. 8(2):176-189. [Diunduh 14 Oktober 2017]. http: // journal. trunojoyo.ac.id/neo-bis/ article/ view/ 472

Effendi M N. 2017. Intensitas promosi untuk meningkatkan kunjungan wisatawan di objek wisata mangrove Wonorejo. [internet]. Tourism, Hospitality, and Culinary. 1(2):1-11. [Diunduh 21 Oktober 2017]. http://ejurnal.stpsatyawidya.ac.id/ index.php/thcj/article/download/8/8

[Kemenpar] Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia. 2009. Rangking devisa pariwisata terhadap komoditas ekspor lainnya tahun 2004-2009. [internet]. [Diunduh 11 September 2017]. Dapat diunduh di: http://www.budpar.go.id/

Kotler P., Amstrong G. 2004. Dasar-Dasar Pemasaran Jilid 2. Alih bahasa: Alexander Sindoro. Jakarta (ID). Indeks.

Kusumastuti Y. I. 2009. Komunikasi Bisnis. Bogor (ID): IPB Press.

Morissan M. A. 2010. Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta(ID): Kencana Prenada Media Group.

Nurhidayah. 2017. Karakteristik pengunjung pada obyek wisata danau Cipogas Kabupaten Rokan Hulu. [internet]. FISIP. 4(2): 1-14. [Diunduh 7 November 2017]. https://jom.unri.ac.id/index.php/ JOMFSIP/ article/ view/14830

Nurisjah S. 2001. Pengembangan Kawasan Wisata Agro (Agrotourism). Buletin Taman dan Lanskap Indonesia. September

Puspasari S. 2010. Persepsi dan partisipasi peladang berpindah dalam kegiatan pengembangan tanaman kehidupan model HTI terpadu di Kalimantan Barat. [tesis]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.

Shimp T. A. 2003. Periklanan Promosi dan Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu Jilid 1. 5th et. Jakarta(ID): Erlangga

Tirtawinata M. H., Fachruddin L. 1996. Daya Tarik dan Pengelolaan Agrowisata. Jakarta(ID): Penebar Swadaya.

Tjiptono F. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta (ID): CV Andi Offset.

Walpole R.E. 1992. Pengantar Statistik. Edisi ke-3. Jakarta (ID): Gramedia Pustaka Utama.

Wulandari R. 2000. Hubungan antara citra raga dengan intensitas melakukan body language pada wanita. [skripsi]. Yogyakarta(ID): Universitas Gajahmada

Published
2020-08-06
How to Cite
HoesniT. M., & SalehA. (2020). Pengaruh Karakteristik Pengunjung dan Penggunaan Media Komunikasi Pemasaran terhadap Intensitas Kunjungan Agrowisata Taman Bunga Nusantara. Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM], 3(3). https://doi.org/10.29244/jskpm.3.3.%p
Section
Original Research Articles