Hubungan Strategi Komunikasi Corporate Social Responsibility dengan Pembentukan Citra Perusahaan

  • Fathimah Zahra Karballa Department of Communication and Community Development Sciences, Faculty of Human Ecology, Bogor Agricultural University
  • Sarwititi Sarwoprasodjo Department of Communication and Community Development Sciences, Faculty of Human Ecology, Bogor Agricultural University
Abstract views: 609 , PDF downloads: 254
HUBUNGAN STRATEGI KOMUNIKASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DENGAN PEMBENTUKAN CITRA PERUSAHAAN (Studi kasus: Program CSR PTPN VIII, Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat) downloads: 0

Abstract

Corporate image is an important thing for a company that always needs to be built and maintained in the community. One of the important things in the effort of forming corporate image is the communication of company activity especially CSR activity. CSR activities are important because in this case, companies can engage directly with the community around the factory. Communicating the company's CSR activities by applying the chosen communication strategy by the company that adapts to the condition of the community The purpose of this research is to identify the communication strategy of CSR and corporate characteristic as message source with corporate image. The subject of this research is the community around PTPN VIII in Patengan Village, Rancabali Sub District, Bandung District. This research used a quantitative approach supported by qualitative data. The technique analysis using correlation test. The result shows a relation between the communication strategy of CSR and corporate characteristic as message source with corporate image.

Keywords : Communication Strategy, Corporate Image, Corporate Social Responsibility.

 

ABSTRAK

Citra perusahaan merupakan suatu hal penting bagi perusahaan yang senantiasa perlu dibangun dan dipertahankan di masyarakat. Salah satu hal yang penting dalam upaya pembentukan citra perusahaan ialah pelaporan aktifitas perusahaan terutama aktifitas CSR. Aktifitas CSR menjadi penting karena dalam hal inilah perusahaan dapat terlibat secara langsung dengan masyarakat sekitar. Pelaporan aktifitas CSR perusahaan dilakukan dengan menerapkan strategi komunikasi yang dipilih oleh perusahaan yang menyesuaikan dengan kondisi masyarakat sekitarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hubungan strategi komunikasi CSR dan karakteristik perusahaan sebagai pengirim pesan dengan citra perusahaan. Subjek penelitian ini merupakan masyarakat sekitar Pabrik PTPN VIII di Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang didukung oleh data kualitatif. Teknik yang digunakan adalah uji korelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara strategi komunikasi CSR dan karakteristik pengirim pesan dengan citra perusahaan.

Kata Kunci : Citra Perusahaan, Corporate Social Responsibility, Strategi Komunikasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-09-07
How to Cite
KarballaF. Z., & SarwoprasodjoS. (2019). Hubungan Strategi Komunikasi Corporate Social Responsibility dengan Pembentukan Citra Perusahaan. Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM], 2(6), 773-782. https://doi.org/10.29244/jskpm.2.6.773-782
Section
Original Research Articles