Analisis Konten Akun Instagram @Dearmoms.id dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Parenting

  • Dwita Oktavani Siregar Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia, IPB University, Bogor, Indonesia
  • Sutisna Riyanto Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia, IPB University, Bogor, Indonesia
Abstract views: 19 , PDF downloads: 10
Keywords: instagram, kebutuhan informasi, parenting

Abstract

Penggunaan media Instagram sebagai media informasi ditandai dengan banyak ditemukannya akun-akun komunitas yang berfokus untuk membagikan informasi, salah satunya informasi parenting. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis konten akun Instagram @dearmoms.id dalam memenuhi kebutuhan informasi parenting dan bagaimana hubungannya dengan faktor individu dan penggunaan media sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan didukung dengan data kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi konten akun Instagram @dearmoms.id dan survei terhadap ibu-ibu followers akun Instagram tersebut. Subjek konten Instagram @dearmoms.id dan responden ibu-ibu followers dipilih dengan menggunakan metode nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan konten Instagram @dearmoms.id belum sepenuhnya memenuhi kebutuhan informasi pengikutnya karena tidak terdapat kesesuaian antara susunan rank frekuensi unggahan konten dengan susunan rank kepentingan informasi parenting pengikutnya. Faktor individu yang berhubungan nyata dengan pemenuhan kebutuhan informasi parenting adalah status usia anak. Penggunaan media sosial yang berhubungan nyata dengan pemenuhan kebutuhan informasi parenting adalah atensi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adriyana, Lasenta; & Wicaksono, Moch Fikriansyah. (2020). Perilaku pencarian informasi tentang parenting pada ibu baru yang bekerja (studi pada stikes bhakti husada mulia). Journal of Information and Library Science. 11(1): 20-57.

Afrilia, Ascharisa Mettasatya. (2017). Penggunaan new media di kalangan ibu muda sebagai media parenting masa kini. Komun dan Kaji Media. 1(1):31–42.

Amriel, Egan Evanzha Yudha; & Ariescy, Reiga Ritomiea. (2021). Analisa Engagement Rate di Instagram: Fenomena Like dan Komentar. Media Manajemen Jasa 5 (2). https://journal.uta45jakarta.ac.id/index.php/ MMJ/article/view/5555

Andriansyah, Ricky; & Saleh, Amiruddin. (2023). Hubungan keterdedahan media sosial mengenai protokol kesehatan covid-19 dan perilaku new normal masyarakat kota Depok [skripsi]. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Asiodu, Ifeyinwa V; Catherine M Waters; Dawn E Dailey; Kathryn A Lee; & Audrey Lyndon. (2015). Breastfeeding and use of social media among first-time African American mothers. Journal of Obs, Gynecologic and Neonatal Nursing. 44(2): 268-278.

Churchill, Harriet & Clarke, Karen. (2010). Investing in parenting education: a critical review of policy and provision in England. Social Policy and Society. 9 (1): 39-53.

Dilliana, Padnya Meisra. (2021). Analisis Isi Pesan Edukasi Protokol Kesehatan Pada Akun Instagram @Kominfojatim [skripsi]. Surabaya: Universitas Bhayangkara. http://eprints.ubhara.ac.id/1192/

Irwanda, Ahmad Ade; Abiyus Wentisasrapita; Herdiansyah Andrie; Turnandes Yogo; & Juliani Fitri. (2024). Analisis Engagement Rate pada Instagram Universitas Lancang Kuning. ZONAsi Jurnal Sistem Informasi 6 (2): 391-399. https://journal.unilak.ac.id/index.php/zn/article/view/17904

[Kemendiknas] Kementerian Penedidikan Nasional. (2012). Petunjuk Teknis Orientasi teknis Peningkatan Pemahaman Program Penguatan PAUD Berbasis Keluarga (Parenting). Jakarta: Kemendiknas.

Littlejohn, Stephen W; & Foss, Karen A. (2005). Theories of Human Communication. 9th Ed. USA: Thomas Higher Education.

Nurudin. (2016). Ilmu Komunikasi Ilmiah dan Populer. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Pratiwi, Mutia Rahmi; Hapsari, Swita Amallia; & Subhiyakto, Egia Rosi. (2020). Pola konsumsi generasi millenial dalam mengakses media edukasi parenting. Ettisal Commun. 7(1):105–122. doi:http://dx.doi.org/10.21111/ejoc.v7i1.7687.

Romli, Asep Syamsul M. (2018). Jurnalistik Online, Panduan Mengelola Media Online. Bandung: Penerbit Nuansa Cendekia.

Saputra, Mohammad Iqbal; & Hartanto, Eko. (2023). Pengaruh penggunaan media sosial dan kualitas informasi terhadap pemenuhan kebutuhan informasi covid-19 pada followers akun Instagram @kemenkesri. Jurnal Ilmiah Multidisiplin. 2(1): 107-114. 10.56127/jukim.v2i01.449

Sari, Dian Novita; & Basit, Abdul. (2020). Media sosial Instagram sebagai media informasi edukasi parenting. Persepsi Commun J. 3(1):23–36. doi:10.30596/persepsi.v.

Sitompul, Parulian; Mahmudah, Dede; & Damanik, Marudur Pandapotan. (2021). Pemanfaatan media sosial dan pemenuhan kebutuhan informasi ketenagakerjaan di kalangan angkatan kerja muda pada masa pandemi covid-19. Jurnal Studi Komunikasi dan Media. 25(2): 203-222. http://dx.doi.org/10.31445/jskm.2021.4399.

Tomlinson, Heather Biggar; & Andina,Syifa. (2015) Parenting education in Indonesia : Review and recommendations to strengthen programs and systems. World Bank Study Washington, D.C. : World Bank Group. http://documents.worldbank.org/curated/en/912501468001757855/Parenting-education-in-Indonesia-Review-and-recommendations-to-strengthen-programs-and-systems

Triaputri, Afira; & Muljono, Pudji. (2022). Efektivitas akun Instagram @infosumbar sebagai media penyebaran informasi sejarah dan budaya Minangkabau [skripsi]. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Published
2025-01-02
How to Cite
SiregarD. O., & RiyantoS. (2025). Analisis Konten Akun Instagram @Dearmoms.id dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Parenting . Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM], 8(03), 16-27. https://doi.org/10.29244/jskpm.v8i03.1248
Section
Articles