Hubungan Tingkat Partisipasi Perempuan dalam Pengelolaan Desa Wisata dengan Tingkat Kesejahteraan Masyarakat (Kasus: Perempuan Desa Wisata Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat)

  • Murdianto Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia, IPB University, Bogor, Indonesia
  • Umar Al Faaruuq Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia, IPB University, Bogor, Indonesia
Abstract views: 53 , PDF downloads: 38
Keywords: desa wisata, kesejahteraan, partisipasi perempuan

Abstract

Berkembangnya suatu daerah memiliki banyak faktor, salah satunya partisipasi masyarakatnya baik laki-laki maupun perempuan. Namun partisipasi perempuan sering kali dikesampingkan dengan pemikiran kemampuan perempuan tidak setara dengan kemampuan laki laki, padahal perempuan juga berpotensi untuk berkontribusi dalam perekonomian rumah tangga. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan tingkat partisipasi perempuan dalam pengelolaan desa wisata dengan kesejahteraan masyarakat di Desa Wisata Senaru, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Data primer dilengkapi dengan data sekunder dan data kuantitatif diperoleh melalui wawancara terstruktur menggunakan kuesioner. Sedangkan data kualitatif diperoleh melalui metode wawancara mendalam dengan informan dan observasi lapang. Responden dipilih sebanyak 35 responden menggunakan teknik simple random sampling dan informan ditentukan menggunakan teknik bola salju (snowball). Hasil penelitian ini meunujukkan bahwa terdapat hubungan antara partisipasi perempuan dalam pengelolaan wisata dengan kesejahteraan masyarakat, yang ditunjukkan semakin tinggi partisipasi perempuan dalam pengelolaan wisata akan semakin bertambah pendapatan rumah tangga yang akan berpengaruh pada kesejahteraan masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andani, F., & Musadad, M. (2017). Peran Perempuan Dalam Kegiatan Pariwisata Di Kampung Wisata Tebing Tinggi Okura Kota Pekanbaru (Doctoral dissertation, Riau University).

[BKKBN] Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional. 2017. Batasan dan Pengertian MDK [internet].

Handayani, Sugiarti. 2008. Konsep dan Teknik Penelitian Gender. Malang [ID]: UMM Press.

Haslinda, H. (2019). Partisipasi Perempuan Dalam Dunia Pariwisata. AN-NISA: Jurnal Studi Gender dan Anak, 10(1), 92-98.

Hidayah, N. (2019). Pemasaran destinasi pariwisata.

Kaho, Josef Riwu. (2005). Prospek Otonomi Daerah di Negara Republik Indonesia : Identifikasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penyelenggaraan Otonomi Daerah, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.https://simpus.mkri.id/opac/detail-opac?id=4007

Khaerani, S. N. (2017). Kesetaraan dan ketidakadilan gender dalam bidang ekonomi pada masyarakat tradisional sasak di desa bayan kecamatan bayan kabupaten lombok utara. Qawwam, 11(1), 59-76.

Khairunnisa, I. N., Putranti, I. R., & Hanura, M. (2022). Partisipasi Perempuan Indonesia dalam Ekonomi Kreatif untuk Mewujudkan Sustainable Development Goals. Journal of International Relations, 8(3), 385-395.

Mardikanto T dan Soebiato P, 2013, Pemberdayaan Masyarakat. Bandung, Alfabet

Mustangin, D. K., Islami, N. P., Setyaningrum, B., & Prasetyawati, E. (2017). Pemberdayaan masyarakat berbasis potensi lokal melalui program desa wisata di Desa Bumiaji. Sosioglobal: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Sosiologi, 2(1), 59-72.

Nasdian, Fredian Tonny. Pengembangan masyarakat. Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2014

Nurdin I, Hartati S. 2019. Metode Penelitian Sosial. Surabaya (ID): Media Sahabat Cendekia

NURUL, H. (2020). Partisipasi Perempuan dalam Pembangunan Desa Studi Kasus Desa Babusalam Kecamatan Gerung Kabupaten Lombok Barat tahun (Doctoral dissertation, Universitas_Muhammadiyah_Mataram).

Rizal, H. (2016). Islam dan Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat di Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman dalam PILPRES 2014. IN RIGHT: Jurnal Agama dan Hak Azazi Manusia, 3(2).

Sajogyo P. (1983). Peranan Wanita dalam Perkembangan Masyarakat Desa. Jakarta [ID]: CV Rajawali

Sastropoetro, Santoso R.A. (1986). Partisipasi, Komunitas, Persuasi, dan Disiplin Dalam Pembangunan Nasional. Bandung: Alumni

Suandi, Sumarwan, Ujang, Guhardja, Suprihatin, Asngari, Pang S. Sunarti, Euis. 2017. Modal Sosial dan Kesejahteraan Ekonomi Keluarga di Daerah Perdesaan Provinsi Jambi. IPB Repository Institut Pertanian Bogor.[Internet]. [Diunduh pada 04 Feb 2024]. Dapat diunduh pada: https://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/40884

Soetjipto, S. (1992). Penelitian konversi kulit domba, kambing krom basah menjadi kulit jaket, glase ditinjau dari parameter prosesnya sebagai produk perdagangan. Majalah Kulit, Karet, dan Plastik, 7(12-13), 35-48.

UNWTO STEP Foundation. (2011). Introduction to Sustainable Tourism. Seoul: UNWTO STEP Foundation

Usia, A., Andaki, J. A., & Sondakh, S. J. (2017). Peranan Perempuan Pada Pengelola Ekowisata Bahari. AKULTURASI: Jurnal Ilmiah Agrobisnis Perikanan, 5(10).

[UU] Undang-Undang Republik Indonesia No.9 Tahun 1990 Tentang Kepariwisataan. [Internet]. [diakses pada 20 April 2022].

Wicaksono, G. S., Subagiyo, A., & Prayitno, G. (2021). Pengaruh Partisipasi Masyarakat terhadap Kesejahteraan Penduduk Desa Wisata Krebet. Planning for Urban Region and Environment Journal (PURE), 10(2), 1-10.

Women and Tourism Indonesia. 2020. Partisipasi Perempuan dalam Ekowisata: Tantangan dan Peluang Menuju Kesetaraan Gender di Sektor Pariwisata Indonesia [Internet]. [diunduh 25 Juli 2023). Tersedia pada: https://womentourism.id/id/post/62-partisipasi-perempuan-dalam-ekowisata-tantangan-dan-peluang-menuju-kesetaraan-gender-di-sektor-pariwisata-indonesia

Published
2024-05-17
How to Cite
Murdianto, & Al FaaruuqU. (2024). Hubungan Tingkat Partisipasi Perempuan dalam Pengelolaan Desa Wisata dengan Tingkat Kesejahteraan Masyarakat (Kasus: Perempuan Desa Wisata Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat). Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM], 8(01), 41-55. https://doi.org/10.29244/jskpm.v8i01.1211
Section
Articles