Tingkat Penggunaan E-wallet pada Remaja Perkotaan dan Pedesaan
The Levels of E-wallet Usage among Teenagers of Urban and Rural
Abstract
Dompet elektronik (e-wallet) sudah umum digunakan bagi remaja perkotaan dan pedesaan di Bogor. Kemudahan transaksi dengan e-wallet menimbulkan kekhawatiran bahwa e-wallet dapat menimbulkan perilaku konsumtif remaja. Sehingga tujuan dari penulisan ini adalah mengidentifikasi perilaku penggunaan e-wallet dan perilaku konsumtif remaja, menganalisis perbedaan perilaku penggunaan e-wallet remaja pedesaan dan perkotaan, menganalisis hubungan karakteristik remaja dengan perilaku penggunaan e-wallet dan menganalisis hubungan perilaku penggunaan e-wallet dengan perilaku konsumtif remaja. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang diperoleh dengan cara kuesioner. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan signifikan antara remaja perkotaan dan pedesaan terjadi pada uang saku, pengisian nilai saldo, dan nilai belanja.
Downloads
References
Abrilia, N.D. dan Sudarwanto T. 2020. Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Fitur Layanan Terhadap Minat Menggunakan E-wallet Pada Aplikasi Dana di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN). [internet]. [diunduh pada 25 Agustus 2021]; 8(3). Tersedia pada: https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/36014/32030
Apriliana NS, dan Utomo EP. 2019. Pengaruh Intensitas Melihat Iklan di Instagram terhadap Pengetahuan dan Perilaku Konsumtif Remaja Putri. Jurnal Komunikasi. [internet]. [diunduh pada 11 April 2022]; 13(2): 179-190. Tersedia pada: https://journal.uii.ac.id/jurnal-komunikasi/article/download/13048/9303
Arisanty M dan Anindhita W. 2016. Media Sosial dan Perilaku Berbelanja Online Masyarakat.Prosiding International Conference of Comunication Industry and Community.866-879
Badri M. 2020. Adopsi Inovasi Aplikasi Dompet Digital di Kota Pekanbaru. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis. [internet]. [diunduh pada 25 Januari 2022]; 8(1): 120-127. Tersedia pada:
[Bank Indonesia]. 2012. Uang Elektronik – Bank Sentral Republik Indonesia. Tersedia pada: https://www.bi.go.id
[Databoks]. 2021. Daftar Negara Pengguna Smartphone Terbanyak, Indonesia Urutan Berapa?. [diunduh pada 25 Agustus 2021]. Tersedia pada: www.databoks.katadata.co.id
[Databoks]. 2021. Survei: OVO Rajai Pangsa Pasar E-wallet Indonesia pada 2020. [diunduh pada 22 November 2021]. Tersedia pada: www.databoks.katadata.co.id
Effendi S, Tukiran. 2012. Metode Penelitian Survei. Jakarta [ID]: LP3S
Fauziyah MA, & Handayani S. 2021. Pengaruh Intensitas Pemanfaatan E-Commerce Dan Tingkat Literasi Ekonomi Terhadap Tingkat Konsumsi Siswa Di SMA Negeri 4 Malang. In Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Pembangunan. [internet]. [diunduh pada 10 April 2022]; 1(6): 679-686. Tersedia pada: http://conference.um.ac.id/index.php/esp/article/download/2134/1280
Fitriadi, Ferry.“Mengenal Lebih Dekat E-wallet atau Dompet Digital,” 14 Juni 2019. Tersedia pada: https://www.kreditpedia.net/e-wallet-atau-dompetdigital/
Fitriyani N, Widodo PB, dan Fauziah N. 2013. Hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa di Genuk Indah Semarang. Jurnal Psikologi. [internet]. [diunduh pada 23 September 2021]; 12(1): 1-14. Tersedia pada: https://ejournal.undip.ac.id/index.php/psikologi/article/download/8338/6868
Hatane Semuel. (2006). Dampak Respon Emosi Terhadap Kecenderungan Perilaku PembelianImpulsif Konsumen Online Dengan Sumberdaya Yang Dikeluakan Dan Orientasi BelanjaSebagai Variabel Mediasi.Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan,8, pp.101-115.Retrieved from http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/man/article/view/16571.
Hurlock E. b. 2004. Psikologi Perkembangan Edisi Kelima. Erlangga
Irianti KB, Ningrum DS, Sakti TPE, dan Hapsari A. 2021. Pelatihan Pengelolaan Keuangan Bagi Remaja. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Radisi. [internet]. [diunduh pada 25 Januari 2022]; 1(3): 123-126. Tersedia pada: https://jurnal.radisi.or.id/index.php/PKMRADISI/article/view/69
Irwanto S. 1994. Psikologi umum buku panduan bagi mahasiswa. Jakarta: PT Gramedia
Kupperschmidt BR. 2000. Multigeneration employess: strategies for effetive management. The Health Care Manager. [diunduh pada 2021 Agustus 5]; 19(1): 65-76. Tersedia pada: https://www.researchgate.net/publication/12146706_Multigeneration_Emp loyees_Strategies_for_Effective_Management/
Lestarina E, Karimah, H, Febrianti N, Ranny R, dan Herlina D. 2017. Perilaku Konsumtif di Kalangan Remaja. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia). [internet]. [diunduh pada 31 Agustus 2021]; 2(2). Tersedia pada: http://www.jurnal.iicet.org/index.php/jrti/article/download/210/251
Marina D. 2020. Konsumerisme di Era Digital. TarFomedia, 1(1), 32-35.
Mudawaroch RE. 2020. Pengaruh pengetahuan dan sikap terhadap perilaku mahasiswa dalam mengahadapi virus corona. Prosiding HUBISINTEK. [internet]. [diunduh pada 25 Januari 2022]; 1: 257-257. Tersedia pada: http://ojs.udb.ac.id/index.php/HUBISINTEK/article/view/1004
Mudawaroch RE, dan Rinawidiastuti R. 2020. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MAHASISWA MEMBELI MAKANAN BERGIZI. In PROSIDING SEMINAR TEKNOLOGI AGRIBISNIS PETERNAKAN (STAP) FAKULTAS PETERNAKAN UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN. [internet]. [diunduh pada 25 Januari 2022]; 7: 138-145. Tersedia pada: http://jnp.fapet.unsoed.ac.id/index.php/psv/article/view/470
Nadhilah P, Jatikusumo RI, dan Permana E. 2021. Efektifitas Penggunaan E-wallet Dikalangan Mahasiswa Dalam Proses Menentukan Keputusan Pembelian. JEMMA (Journal of Economic, Management and Accounting). [internet]. [diunduh pada 25 Januari 2022]; 4(2): 128-138. Tersedia pada: https://unanda.ac.id/ojs/index.php/jemma/article/view/725
No.70, 2018 PERBANKAN. BI. Uang Elektronik. Pencabutan. (Penjelasan dalam Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 6203) PERATURAN BANK INDONESIA NOMOR 20/6/PBI/2018 TENTANG UANG ELEKTRONIK
Pradana M. 2015. Klasifikasi jenis-jenis bisnis e-commerce di Indonesia. Neo-Bis. [internet]. [diunduh pada 31 Agustus 2021]; 9(2): 32-40. Tersedia pada: https://journal.trunojoyo.ac.id/neo-bis/article/view/1271
Sahanaya GA. 2021. Analisis Perilaku Konsumtif Mahasiswa sebagai Dampak Perkembangan E-Commerce di Indonesia. In Seminar Nasional Teknologi Pendidikan [internet]. [diunduh pada 23 September 2021]; 1(1): 126-131. Tersedia pada: https://ojs.unm.ac.id/tekpend/article/download/22613/pdf_1
Santrock, J. W. (2007). Remaja Jilid 1. Edisi 11.
Sarwono WS. 2012. Psikologi remaja. Jakarta (ID) : Rajawali Press. 322 hal.
Shidiq AF, & Raharjo, ST. 2018. Peran pendidikan karakter di masa remaja sebagai pencegahan kenakalan remaja. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat. [internet]. [diunduh pada 25 Januari 2022]; 5(2): 176-187. Tersedia pada: http://journal.unpad.ac.id/prosiding/article/view/18369
Singarimbun M dan Effendi S. 2008. Metode Penelitian Survai. Jakarta (ID): PT Pustaka LP3ES Indonesia
Subaramaniam K, Kolandaisamy R, Jalil A, dan Kolandaisamy I. 2020. The impact of E-wallets for current generation. J. Adv. Res. Dyn. Control Syst. [internet]. [diunduh pada 31 Agustus 2021]; 12: 751-759. Tersedia pada: https://www.researchgate.net/profile/Raenu-Kolandaisamy/publication/339236716_The_Impact_of_E-wallets_for_Current_Generation/links/5e583914299bf1bdb840a5a9/The-Impact-of-E-wallets-for-Current-Generation.pdf
Umar, Husein. 2008. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Wijayanti D. 2020. Pengaruh Kemanfaatan Teknologi, Kepercayaan dan Pendapatan terhadap Penggunaan E-wallet untuk Infaq di Masjid Raya Baiturrahman Semarang (Doctoral dissertation, IAIN KUDUS). [internet]. [diunduh pada 25 Januari 2022]. Tersedia pada: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3557
Articles published in Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the title of the work, journal citation, link to the DOI, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
By publishing in Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.