Efektivitas Media Luar Ruang terhadap Perilaku Masyarakat dalam Membuang Sampah
Abstract
Media luar ruang merupakan media penyampai pesan atau informasi yang memiliki berbagai karakteristik pesan dan diletakkan di ruang terbuka yang cukup strategis agar dapat menjangkau khalayak luas. Media luar ruang sering digunakan sebagai alat yang dapat mengubah perilaku seseorang. Sebagaimana maraknya pemasangan media luar ruang di tepi sungai yang berisi larangan membuang sampah sembarangan. Hal tersebut ditujukan agar masyarakat memiliki perilaku yang baik dalam membuang sampah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik individu dan karakteristik pesan yang memiliki hubungan terhadap intensi dan perilaku masyarakat dalam membuang sampah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang dilakukan menggunakan kuesioner dan didukung dengan data kualitatif melalui wawancara mendalam serta observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara karakteristik individu maupun karakteristik pesan dengan intensi. Namun, intensi memiliki hubungan dengan perilaku masyarakat dalam membuang sampah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa karakteristik pesan dalam media luar ruang belum efektif digunakan sebagai media komunikasi perubahan perilaku.
Downloads
References
Ajzen I. 2005. Attitudes, Personality and Behavior (2nd edition). London: Open University Press.
Atkin CK, Rice RE. 2013. Theory and Principle of Public Communication Campaigns 4th Edition. London: Sage Publications.
Badri M. 2021. Persepsi pemilih terhadap desain media luar ruang saluran komunikasi politik pada Pilkada 2020 di Riau. J Desain. [diakses 2021 Mar 27]; 8(2): 159-171. https://journal.lppmunindra.ac.id/ index.php/Jurnal_Desain/article/view/8628.
Ghifary A. 2014. Efektivitas penggunaan media iklan baliho dalam mensosialisasikan bahaya kebakaran di Kota Samarinda. J Ilmu Komunikasi. [diakses 27 Mar 2021]; 2(3):26-39. https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/?p=1466.
Gusmeri, Saidi T, Herawati N, Parmakope, Izziah, Zahriah, Hilmasari L, Zuhrina, Ulfa N. 2019. Evaluasi Penanganan dan Penataan Sampah di Bantaran Sungai Krueng Aceh. Aceh: Badan Perencanaan Pembangunan Daerah.
Hakim M. 2008. Mencari Solusi Penanganan Masalah Sampah Kota. Bandung.
Humaira N, Falatehan SF. 2021. Analisis perilaku pemilahan sampah berdasarkan theory of planned behavior selama pandemi covid-19. JSKPM. [diakses 2021 Jul 18]; 5(1):18-41. http://ejournal.skpm.ipb.ac.id/ index.php/jskpm/article/view/794.
Hurriyati R. 2005. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.
Isthofiyani SE, Prasetyo APD, Iswari RS. 2016. Persepsi dan pola perilaku masyarakat bantaran Sungai Damar dalam membuang sampah di sungai. J of Innovative Science Education. [diakses 2021 Ags 30]; 5(2):128-136. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise/article /download/14261/7793.
Oktarini H. 2014. Partisipasi masyarakat dalam pelestarian lingkungan berbasis komunitas [skripsi]. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.
Purwanto N. 2002. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Putra TP, Adyatma S, Normlenai E. 2016. Analisis perilaku masyarakat bantaran sungai martapura dalam aktivitas membuang sampah rumah tangga di Kelurahan Basirih Kecamatan Banjarmasin Barat. J Pendidikan Geografi. [diakses 2021 Mar 5]; 3(6):23-35. https://ppjp.ulm.ac.id/ journal/index.php/jpg/article/view/2829/2461.
Sari H, Gantini RD. 2019. Perancangan pesan untuk meningkatkan intensi perilaku hemat dalam menggunakan air. J Ilmu Lingkungan. [diakses 2021 Ags 31]; 17(2):231-238. https://doi.org/10.14710/ jil.17.2.231-238.
Sarwono SW. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Rajawali Press.
Sudar RS. 2015. Hubungan antara karakteristik individu dan pengetahuan masyarakat dengan tindakan pengolahan sampah rumah tangga di Desa Borgo Jaga V Kecamatan Tombariri Kabupaten Minahasa. [diakses 2021 Ags 31]. https://fkm.unsrat.ac.id/wpcontent/uploads/2015/02/JURNAL-IKHA-3.pdf
Suwerda B. 2012. Bank Sampah (Kajian Teori dan Penerapan). Yogyakarta: Pustaka Rihama.
Articles published in Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the title of the work, journal citation, link to the DOI, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
By publishing in Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.